IMPLEMENTASI KONSEP SPIRITUAL QUOTIENT (KECERDASAN SPIRITUAL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

fitriyah, rif'atul (2017) IMPLEMENTASI KONSEP SPIRITUAL QUOTIENT (KECERDASAN SPIRITUAL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Rif’atul Fitriyah_084 131 002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat menganggap bahwa Sekolah Menengah Atas adalah sekolah umum yang sedikit sekali pendidikan tentang agama Islam nya, bahkan kebanyakan pendidikan agama Islam menjadi nomor dua setelah pendidikan umum, dikarenakan SMA bukan dikhususkan untuk siswa yang beragama Islam. Bertolak belakang dengan pernyataan tersebut, SMA Negeri 2 Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan umum yang sangat mengutamakan pendidikan agamanya. Salah satunya melalui pengimplementasian konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada siswa, dengan tujuan untuk menghindari dari sifat syirik, kufur, nifaq, dan fasiq secara bertahap. Fokus kajian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/ 2018? 2) Bagaimana pelaksanaan konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/ 2018? 3) Bagaimana evaluasi dari konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/ 2018? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/ 2018. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis model interaktif dengan tiga langka yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/ 2018 yang meliputi penyusunan silabus pembelajaran dan RPP pembelajaran pendidikan agama Islam sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Implementasi konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada perencanaan pembelajaran yakni penyantuman pelantunan Asma’ul husna dan pembacaan al-Qur’an setiap sebelum dimulainya pembelajaran PAI dan diadakannya kantin kejujuran. 2) Pelaksanaan konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/ 2018 yang meliputi pemilihan bahan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran yang interaktif dan bervariasi dan mengandung implementasi konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual), pemilihan media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan keadaan sekolah serta mengandung implementasi konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual). 3) Evaluasi konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual) pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2017/ 2018 yang meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, penilaian hasil belajar dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik dan mengandung implementasi konsep spiritual quotient (kecerdasan spiritual).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:00
Last Modified: 01 Dec 2023 02:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29949

Actions (login required)

View Item View Item