Pembinaan Akhlaq Remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah di Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember tahun 2017

rosyadi, moh.mizan (2017) Pembinaan Akhlaq Remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah di Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Moh. Mizan Rosyadi_084131024.pdf

Download (18MB)

Abstract

Akhlaq merupakan sifat-sifat manusia yang terdidik. Jika pembinaan akhlaq itu dirancang dengan baik dan sitematik maka akan menghasilkan orangorang yang baik akhlaqnya. Salah satu pembinaan akhlaq yang ideal adalah Majlis dzikir Wa Ta’lim. Di dalam Majlis ini para anggota dibina langsung oleh pengasuh dan jajaran pengurus. Dalam pembinaan akhlaq ini dilakukan pengajian kitab Risalat Al-Mu’awanah yang memuat tentang jalan menuju keridloan Allah. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengkaji 3 pembahasan yaitu : (1) Bagaimana peran Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember dalam membina remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah untuk mengimplementasikan akhlaq kepada Allah? (2) Bagaimana peran Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember dalam membina remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah untuk mengimplementasikan akhlaq kepada Orang Tua? (3) Bagaimana peran Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember dalam membina remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah untuk mengimplementasikan akhlaq kepada sesama? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember dalam membina remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah untuk mengimplementasikan akhlaq kepada Allah (2) Untuk mendeskripsikan peran Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby RambipujiJember dalam membina remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah untuk mengimplementasikan akhlaq kepada orang tua (3) Untuk mendeskripsikan peran Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember dalam membina remaja melalui Kitab Risalat Al-Mu’awanah untuk mengimplementasikan akhlaq kepada sesama. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Majlis Dzikir Wa Ta’lim Al-Hasby Rambipuji-Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pembinaan akhlaq remaja di Majlis AlHasby Rambipuji-Jember sesuai dengan isi dari kitab Risalat Al-Mu’awanah yaitu mentauhidkan Allah, berdzikir, tawakkal, taubat, sabar, dan syukur kepada Allah sangat tepat. (2) Pembinaan akhlaq remaja di Majlis Al-Hasby RambipujiJember sesuai dengan isi dari kitab Risalat Al-Mu’awanah yaitu dengan cara birrul walidain. (3) Pembinaan akhlaq remaja di Majlis Al-Hasby RambipujiJember sesuai dengan isi dari kitab Risalat Al-Mu’awanah yaitu dengan cara mempererat ukhwah dan tali shilaturrahim antar sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:45
Last Modified: 01 Dec 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29951

Actions (login required)

View Item View Item