Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dalam Penanganan Keluarga Pra Sejahtera di Kabupaten Jember

Mufarida, Vira (2023) Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dalam Penanganan Keluarga Pra Sejahtera di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VIRA MUFARIDA_D20182023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran adalah aspek dinamis yang berupa tindakan atau perilaku yang melaksanakan hak-hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya. Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dalam pelaksanaannya ternyata masih banyak yang kurang berjalan di karenakan salah satu faktor yang mengakibatkan masih tingginya jumlah kemiskinan adalah karakter sebagian warga kota Jember yang kurang baik yakni pengakuannya sebagai orang miskin, terutama ketika ada program dari pemerintah, sehingga tak jarang keluarga pra sejahtera yang membutuhkan bantuan tidak mendapatkan bagian dalam program. Dalam penelitian fokus masalahnya adalah 1. Bagaimana peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana melaksanakan program pemberdayaan keluarga pra sejahtera?, 2. Bagaimana keterlibatan masyarakat pra sejahtera terhadap program Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Dalam Penanganan keluarga pra sejahtera di Kota Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Adapun jumlah informan dalam penelitian adalah 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik pengabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Pemilihan informan berdasarkan pandangan dari penulis bahwa informan tersebut memiliki pengetahuan, dan informasi mengenai masalah penulis teliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dalam penanganan keluarga pra sejahtera yakni dengan peran regulator berupa pendataan valid mengenai masyarakat pra sejahtera dibantu oleh tenaga pembantu, peran dinamisator yakni dengan melakukan beberapa pelatihan khusus berupa seminar salah satunya yakni seminar pelatihan pembuatan abon ikar air tawar, sebagi fasilitator yakni dengan membiayai beberapa agenda pelatihan, implan gratis, dan penyaluran dan berupa uang dan sembako. 2) Keterlibatan keluarga pra sejahtera sangat bagus, mereka melaksanakan bimbingan yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dengan maksimal demi mengubah taraf hidup mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Vira Mufarida
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:11
Last Modified: 04 Dec 2023 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29960

Actions (login required)

View Item View Item