Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII DI SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Azizah, Imroatul (2023) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII DI SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IMROATUL AZIZAH T20199017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Imroatul Azizah, 2023: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Talking stick, keaktifan belajar, mata pelajaran IPS

Berdasarkan latar belakang penelitian yang di temukan di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi, ditemukan gejala siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, dan terdapat pemilihan metode pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Yang digunakan adalah metode konvensional yaitu metode ekspositori yang berpusat pada penyampaian guru dan siswa mendengarkan materi. Serta akibat dari siswa kurang aktif yaitu karena masih dalam masa transisi dari sekolah dasar, siswa kelas VII saat ini masih dalam tahap pengenalan dengan lingkungan sekolah Menengah Pertama, sehingga siswa masih beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru. Hal ini mengakibatkan keaktifan belajar siswa menurun serta belum terbiasa dengan lingkungan belajar yang baru. Akan berbeda jika menggunakan metode pembelajaran talking stick, siswa akan lebih aktif serta lebih memahami materi yang dipelajarinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2) Tujuan penelitian ini adalah : Untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre-experiment desaigh dengan menggunakan uji Validitas dan Reabilitas serta uji Normalitas, Linieritas dan uji Hipotesis.
Hasil yang diperoleh dari uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0.000, hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh peneran metode pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha maka penelitian ini dapat membuktikan kebenaran hipotesis yaitu terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Imroatul Azizah Imroatul
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:36
Last Modified: 04 Dec 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29965

Actions (login required)

View Item View Item