Hubungan Sense of Humor dengan Subjective Well Being Pada Mahasiswa Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Firmansyah, Moh. Ifdhil (2023) Hubungan Sense of Humor dengan Subjective Well Being Pada Mahasiswa Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi_Moh Ifdhil Firmansyah_Hubungan Sense of Humor dengan Subjective Well Being Pada Mahasiswa Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Moh. Ifdhil Firmansyah_D2015024.pdf - Accepted Version

Download (17MB)

Abstract

Mahasiswa yang memiliki beban tugas lebih besar cenderung akan mengalami stress, yang akan berdampak pada Subjective Well Being nya. Salah satu cara untuk mendapatkan Subjective Well Being yang tinggi bisa didapatkan dengan cara salah satunya dengan Sense of Humor.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan Sense of Humor dengan Subjective Well Being pada mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Dakwah universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui hubungan Sense of Humor dengan Subjective Well-Being pada mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Dakwah di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dengan jenis survey research. Populasi dalam penelitian ini sebesar 124 yang kemudian hanya di ambil 89 mahasiswa dari Angkatan 2022 dengan teknik random sampling dan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket/ kuesioner yang didalamnya berisi skala Sense of Humor dan Subjective Well-Being. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Pearson.

Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara Sense of Humor dengan Subjective Well-Being dengan nilai korelasi sebesar 0,18 > 0,05. Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Karena Sense of Humor hanya memenuhi komponen afeksi bukan kepuasan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Depositing User: Moh. Ifdhil Firmansyah
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:51
Last Modified: 07 Dec 2023 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item View Item