PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI RAUDLATUL ULUM KABUPATEN JEMBER KELAS III TAHUN AJARAN 2021/2022

SITI FATIMAH, HASYIM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI RAUDLATUL ULUM KABUPATEN JEMBER KELAS III TAHUN AJARAN 2021/2022. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
SKRIPSI SITI FATIMAH HASYIM _ PGMI 2023.pdf

Download (8MB)

Abstract

Siti Fatimah Hasyim, 2023: “Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Raudlatul Ulum Kabupaten Jember Kelas III Tahun Ajaran 2021/2022”.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Picture And Picture, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Penerapan model pembelajaran merupakan langkah yang tepat dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran. Adanya penerapan model pembelajaran sangat berpengaruh bagi keberlangsungan belajar peserta didik lembaga MI, penting sekali untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi dari masing-masing lembaga pendidikan,
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Raudlatul Ulum kelas III. 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan membaca melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Raudlatul Ulum kelas III.
Tujuan penelitian ini adalah ; untuk mendeskripsikan penerapan model Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca melalui pembelajaran bahasa indonesia di MI Raudlatul Ulum kelas III.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian atau informan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Purposive. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, & Saldana yaitu melalui 1) reduksi data. 2) penyajian data. 3) penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Picture and Picture memerlukan persiapan antara lain: guru menyiapkan materi, guru menyiapkan media, selanjutnya pelaksanaan model Picture And Picture diawali dengan penyampaian kompetensi, presentasi materi, penyajian gambar, pemasangan gambar, penjajakan, penyajian kompetensi akhir dan selanjutnya penutup/kesimpulan. keterampilan berbicara di dalam model pembelajaran Picture and Picture terdapat dilangkah pembelajaran yang ke 2, 5 dan 7 yaitu tahap penyajian gambar, tahap penjajakan dan tahap penutup/kesimpulan. Model Picture and Picture terbukti mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa berdasarkan indikatornya, data peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah menerapkan model Picture and Picture adalah, pada indikator lafal ada 11 anak yang mengalami peningkatan, indikator intonasi ada 9 anak yang mengalami peningkatan, indikator kosa kata 11 anak mengalami peningkatan, indikator hafalan 10 anak mengalami peningkatan, dan indikator terakhir yaitu mimik/ekspresi ada 11 anak mengalami peningkatan. 2) Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa terdapat dilangkah pembelajaran yang ke 2 dan 5. Pada tahap penyajian gambar, siswa mengalami peningkatan dari segi indikatornya, pada indikator ketetapan suara ada 11 anak yang mengalami peningkatan, indikator lafal ada 11 anak yang mengalami peningkatan, indikator intonasi 6 anak mengalami peningkatan, indikator kelancaran 11 anak mengalami peningkatan, dan indikator terakhir yaitu kejelasan ada 11 anak mengalami peningkatan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI FATIMAH HASYIM
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:41
Last Modified: 04 Dec 2023 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29967

Actions (login required)

View Item View Item