PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Rizal, Moh (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. RIZAL_T20199041.pdf

Download (6MB)

Abstract

Strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan bentuk pembelajaran yang menekankan pada pengalaman belajar agar peserta didik dapat merekonstruk pengetahuannya sendiri melalui penyajian masalah yang nyata, sehingga mampu belajar secara mandiri. Adapun kelebihan penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) antara lain adalah melatih kemampuan berpikir, ketrampilan mengatasi masalah, dan melatih belajar secara mandiri
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?” Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar koginitif siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental atau eksperimen semu yang didesain dengan menggunakan non-equivalent control group design, yaitu desain penelitian dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Adapun VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel ini menggunakan sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai postest. Analisis dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test dan dilakukan bantuan program IBM SPSS for Windows versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukan hasil uji hipotesis dengan mengunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,033. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi atau nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Jember tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Moh Rizal
Date Deposited: 05 Dec 2023 03:06
Last Modified: 05 Dec 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29970

Actions (login required)

View Item View Item