PERAN GURU DALAM MENDIDIK PERILAKU IBADAH ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA ULUL ALBAB MANGLI KALIWATES JEMBER

Lizamatul Fitriyah, Shofia (2023) PERAN GURU DALAM MENDIDIK PERILAKU IBADAH ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA ULUL ALBAB MANGLI KALIWATES JEMBER. Digilib.

[img] Text
fix watermak Shofia Lizamatul Fitriyah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sholat Dhuha merupakan kegiatan yang dapat mendorong anak usia dini agar terbiasa melaksanakan sholat dirumah, juga melatih anak didik sejak dini agar dapat membiasakan melaksakan ibadah sholat dhuha dengan bacaan doa-doa dan gerakan sholat yang benar. Kegiatan pembiasan sholat dhuha juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan sikap disiplin bagi anak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana peran guru sebagai demonstrator dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha pada anak usia dini kelompok B di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember?, 2) Bagaimana peran guru sebagai pengelola kelas dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha pada anak usia dini kelompok B di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember?, 3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha pada anak usia dini kelompok B di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru sebagai demonstrator dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha pada anak usia dini kelompok B di RA Ulul Albab, 2) Mendeskripsikan peran guru sebagai pengelola kelas dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha pada anak usia kelompok B di RA Ulul Albab. 3) Mendeskripsikan peran guru sebagai evaluator dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha pada anak usia dini kelompok B di RA Ulul Albab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian yaitu menggunakan teknik purposive teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yakni menggambarkan kenyataan dan fakta sesuai dengan tujuan untuk mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peran Guru sebagai demonstrator dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui metode pembiasaan sholat dhuha guru dapat menyiapkan materi dan memperagakan terlebih dahulu agar mudah dipahami oleh peserta didik. 2) Peran Guru sebagai pengelola kelas dalam mendidik perilaku ibadah anak melalui pembiasaan sholat dhuha yaitu memberi contoh sholat yang benar dan mengecek gerakan dan bacaan sholat dhuha yang dilaksanakan setiap selasa dan jumat. 3) Peran Guru sebagai evaluator dapat dilihat dari hasil kegiatan sholat dhuha seperti sikap atau gerakan sempurna dimulai dari bacaan niat whudu dan bacaan sholat secara keseluruhan.

Item Type: Article
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mrs Shofia Lizamatul Fitriyah
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:38
Last Modified: 04 Dec 2023 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29978

Actions (login required)

View Item View Item