PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL BAROKAH AN-NUR KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER

Maulidiyah, Titik (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL BAROKAH AN-NUR KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TITIK MAULIDIYAH_T20194118.pdf

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran dapat digambarkan sebagai alat, fisik atau non fisik, yang digunakan sebagai jembatan antara pendidik dan peserta didik untuk membantu mereka memahami mata pelajaran yang diajarkan agar lebih berhasil dan efisien. Pengembangan media pembelajaran puzzle Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-citaku muatan Ipa. Media puzzle adalah konten edukasi yang dimainkan dengan cara membongkar atau menyusun kembali potongan puzzle menjadi bentuk yang utuh. Pada penelitian ini peneliti memilih materi siklus makhluk hidup atau metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui kevalidan media puzzle pada tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku di kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, 2) Mengetahui kepraktisan media puzzle pada tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku di kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, 3) Mengetahui keefektifan pada media puzzle pada tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku di kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur yang berjumlah 26 peserta didik. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media puzzle. Pengembangan media puzzle ini divalidasi oleh 3 validator yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli pengguna.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) pengembangan media puzzle untuk kelas IV menggunakan media dari bahan triplek dan potongan puzzle nya terbuat dari spon ati, media puzzle sangat mendukung dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan minat belajar peserta didik. 2) hasil validitas media puzzle dengan rata-rata prosentase sebesar 91% yang artinya media puzzle dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan. Data yang diperoleh sebelum diberikan perlakuan, rata-rata nilai pretest hasil belajar pada kelas IV adalah 50. Sedangkan setelah diberikan perlakuan, rata-rata nilai posttest hasil belajar adalah 87,6. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV. 3) analisis respon peserta didik diukur dengan menggunakan angket respon peserta didik terhadap media puzzle. Hasil rata-rata respon peserta didik mendapatkan respon yang sangat baik dengan prosentase rata – rata 95 %. Hasil peningkatan belajar peserta didik menggunakan media puzzle diketahui dan diperoleh menggunakan penghitungan N-Gain Score dengan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 78% dan dikategorikan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Titik Maulidiyah
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:02
Last Modified: 12 Dec 2023 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29980

Actions (login required)

View Item View Item