IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA U BPPT DARUS SHOLAH JEMBER

Zafat, Vilbra One (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA U BPPT DARUS SHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vilbra One Zafat_T20191151.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Vilbra One Zafat_T20191151.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran
intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal. Dalam proses
pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar
sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhandan minat. Penelitian
ini dilakukan di SMA U BPPT Darus Sholah Jember. Alasan peneliti memilih
lembaga tersebut karena Berkenaan dengan adanya kebijakan Kemendikbud,
implementasi merdeka belajar lebih dulu dilaksanankan di SMA U BPPT Darus
Sholah Jember terlebih pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X.
Tujuan penerapan kurikulum merdeka agar proses pembelajaran lebih inovatif.
Sehingga penelitian akan dapat terfokus pada pembelajaran di kelas X sesuai
dengan fokus penelitian yang telah dirumuskan.
Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana implementasi kurikulum
merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA U BPPT
Darus Sholah Jember? (2) Bagaimana kendala dan solusi dalam
mengimplementasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di kelas X SMA U BPPT Darus Sholah Jember ? Tujuan penelitian ini
adalah (1) Mendiskripsikan Bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA U BPPT Darus Sholah
Jember (2) Mendeskripsikan Apa saja kendala dan solusi dalam
mengimplementasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di kelas X SMA U BPPT Darus Sholah Jember
Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan
teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara,
dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan
Huberman, Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1). Pada tahap
persiapan, guru Pendidikan Agama Islam mengikuti pelatihan terkait penerapan
Kurikulum Merdeka,Kegiatan Pendahuluan ditemukan bahwa sebelum memulai
pembelajaran, guru melakukan kegiatan pendahuluan yang meliputi memberi
salam,Kegiatan Inti Mata pelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka mencakup 5
elemen, yaitu Al-Qur'an dan Hadis, Akidah, Akhlak, Fiqih, dan SPI.Tahap Akhir
kesimpulan tentang materi yang diajarkan, memberikan tugas kepada siswa dan
mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Serta
menggunakan IKM mandiri berubah dan diferensiasi sudah diterapkan tapi belum
maksimal serta asesmen diagnostik, asesmen formatif, asesmen sumatif 2).
Kendala-kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka, seperti kesiapan
mental guru, adaptasi terhadap perubahan kurikulum, dan keterbatasan fasilitas
serta teknologi dalam mengatasi kendala di lakukan upaya pelatihan dan
pembelian fasilitas belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Vilbraone Zafat
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:11
Last Modified: 06 Dec 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29985

Actions (login required)

View Item View Item