Pengembangan Kognitif Pengenalan Angka Melalui Alat Permainan Jam ASIA Pada Kelompok A di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung

Isti, qomah (2023) Pengembangan Kognitif Pengenalan Angka Melalui Alat Permainan Jam ASIA Pada Kelompok A di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung. Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
ISTIQOMAH T20195030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Istiqomah, 2023: Pengembangan Kognitif Pengenalan Angka Melalui Alat Permainan Jam ASIA Pada Kelompok A Di TK Muslimat NU Aswaja Tutul – Balung.

Kata kunci: kognitif, jam ASIA
Perkembangan kognitif anak usia dini berkembang secara bertahap. Seorang anak tidak dapat menerima pengetahuan secara langsung dan tidak bisa langsung menggunakan pengetahuan tersebut, tetapi pengetahuan akan di dapat secara bertahap dengan belajar secara aktif di lingkungan sekolah.
Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengenalan angka melalui alat permainan Jam Asia dalam pengembangan kognitif pada kelompok A di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung? 2) Apa saja faktor-faktor kendala dalam pengenalan angka melalui alat permainan Jam Asia dalam pengembangan kognitif pada kelompok A di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengenalan angka melalui alat permainan Jam Asia dalam pengembangan kognitif pada kelompok A di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung. 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor kendala dalam pengenalan angka melalui alat permainan Jam Asia dalam pengembangan kognitif pada kelompok A di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitiannya kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan kondensi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan pembahasan yang dilakukan dalam upaya mengembangkan kognitif anak dalam pengenalan angka melalui alat permainan Jam ASIA pada kelompok A di TK Muslimat NU Aswaja Tutul-Balung, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang pertama pengenalan angka dengan alat permainan Jam ASIA yaitu awalnya guru menyiapkan peralatan (media) terlebih dahulu, guru memberikan sebuah penjelasan secara detail tentang Jam ASIA ini, guru juga menjelaskan cara bermain, lalu guru memulai kegiatan dan guru mengawasi anak selama menggunakan alat Jam ASIA tersebut. Tugas guru disini yaitu jika ada anak mengalami kesusahan atau kebingungan maka guru membantunya. Setelah itu guru melakukan evaluasi. Dengan adanya alat permainan Jam ASIA ini guru mampu mengembangkan anak dalam kognitifnya dalam mengenal angka yaitu 1-12. Yang kedua yaitu faktor kendala dalam pengenalan angka melalui alat permainan Jam ASIA dalam pengembangan kognitif yaitu keterbatasan waktu dan kurang tersedianya fasilitas media pembelajaran yang menarik. Maka dari itu, anak membutuhkan waktu yang lama dan konsentrasi yang lama serta menariknya media yang diberikan dalam mengenal angka, sehingga guru dan orang tua harus memberikan latihan yang secara tus menerus dalam pengenalan angka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Istiqomah _
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:38
Last Modified: 06 Dec 2023 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29992

Actions (login required)

View Item View Item