Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas VII di MTs Silahul Muslimin Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Prastiani, Safrida (2023) Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas VII di MTs Silahul Muslimin Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SAFRIDA PRASTIANI_T20181330.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safrida Prastiani, 2023: “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas VII di MTs Silahul Muslimin Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023”.
Kata Kunci: Peran Guru Aqidah Akhlak, Membentuk Akhlak.
Peran guru dalam membentuk akhlak merupakan pokok tujuan dalam proses pendidikan. Pembentukan akhlak merupakan upaya sungguh-sungguh untuk membentuk karakter para siswa melalui sarana pendidikan dan bimbingan yang telah tersusun dengan baik, dilaksanakan secara sungguh-sungguh, dan konsisten. Penelitian ini dilaksanakan karena pentingnya peran guru aqidah akhlak dalam membentuk perilaku akhlak yang positif bagi siswa. akhlak yang baik memiliki nilai yang sangat tinggi, bahkan melebihi nilai keterampilan lainnya. Dalam masyarakat, tindakan positif selalu diperhatikan, dan inilah alasan mengapa peran guru aqidah akhlak dalam memberikan contoh positif dan menjadi teladan bagi siswa sangatlah penting.
Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam membentuk akhlak siswa kelas VII di MTs Silahul Muslimin Tegaldlimo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam membentuk akhlak siswa kelas VII di MTs Silahul Muslimin Tegaldlimo Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan model Miles dan Hubermen. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa kelas VII MTs Silahul Muslimin yaitu: a) sebagai pendidik guru telah memberikan contoh yang baik, seperti datang ke sekolah lebih awal, b) sebagai pembimbing, dalam membentuk akhlak siswa guru bertanggung jawab untuk memberikan dorongan, dan arahan kepada siswa mengenai mana yang buruk dan mana yang baik, c) sebagai motivator guru telah memberikan motivasi yang baik dan efektif kepada siswa, d) sebagai fasilitator guru telah memenuhi kebutuhan siswa pada saat pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220104 Human Rights and Justice Issues
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mis Safrida Prastiani
Date Deposited: 05 Dec 2023 03:59
Last Modified: 05 Dec 2023 03:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29997

Actions (login required)

View Item View Item