Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala sekolah dalam Membangun Jiwa Enterpreneur Siswa Di SMKS Addimyati Jenggawah

Saputri, Adinda (2023) Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala sekolah dalam Membangun Jiwa Enterpreneur Siswa Di SMKS Addimyati Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Saputri Adinda Pratiwi _T20193084 (1) MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputri Adinda Pratiwi, 2023: Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala
Sekolah Dalam Membangun Jiwa Enterpreneur Siswa Di SMKS Addimyati
Jenggawah.
Kata Kunci: Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Membangun Jiwa
enterpreneur.
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan jabatan yang strategis dalam
pembinaan peserta didik sebagai calon generasi penerus. Kepemimpinan kepala
sekolah saat ini, memberikan kebebasan untuk menekankan dan mengedepankan
kompetensi tertentu dengan visi, misi sekolah. Implementasi kompetensi kepala
sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kewirausahaan telah diimplementasikan
dengan baik, dalam kompetensi kewirausahaan yang dimiliki oleh kepala sekolah,
akan mempermudah proses ide-ide inovasi dan kreatif sehingga dapat
meningkatkan rangsangan stimulus enterpreneur siswa.
Fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan kompetensi
kewirausahaan kepala sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati dalam
membangun jiwa enterpreneur siswa?. (2) Apa faktor penghambat kepala sekolah
Menengah Kejuruan Swasta Addimyati jenggawah dalam membangun jiwa
enterpreneur siswa?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan informasi
tentang penerapan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah Menengah Kejuruan
Swasta Addimyati dalam membangun jiwa enterpreneur siswa. (2) Untuk
mendeskripsikan tentang faktor penghambat penghambat kepala sekolah
Menengah Kejuruan Swasta Addimyati jenggawah dalam membangun jiwa
enterpreneur siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi
penelitian lapangan (field study). Pemilihan subjek dalam penelitian ini
menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi
pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Menggunakan teknik
analisis data kualitatif model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri
dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian di SMKS Addimyati Jenggawah adalah: (1) dalam
kompetensi kewirausahaan kepala sekolah membangun jiwa wirausaha siswa
SMKS Addimyati memiliki 6 praktik yaitu, melaksanakan workshop yang
berskala tahunan, kunjungan industri, pelaksanaan prakerin, mengikuti berbagai
perlombaan seperti bazar/pameran busana dll, dan melaksanakan ujian kompetensi
keahlian (UKK), serta membuat kerajinan eco print (sablon alami) yang
memanfaatkan dari alam. (2) Untuk hambatan yang ditemui yaitu kurangnya
kepercayaan masyrakat, kurangnya sarana dan prasarana, dan lulusan yang kurang
mampu bersaing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Miss Saputri Adinda
Date Deposited: 05 Dec 2023 03:50
Last Modified: 05 Dec 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30003

Actions (login required)

View Item View Item