Analisis Prinsip Kemitraan Pada Akad Syirkah Dalam Menumbuhkan Usaha Kecil Dan Menengah Di PT Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Purwoharjo

Fitriyana, Laila (2023) Analisis Prinsip Kemitraan Pada Akad Syirkah Dalam Menumbuhkan Usaha Kecil Dan Menengah Di PT Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Purwoharjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laila Fitriyana_S20192044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat membutuhkan modal finansial untuk membuka sebuah usaha atau memperluas usahanya. Pelaku usaha dapat memperoleh modal usahanya dari Bank. Lembaga keuangan khsusnya perbankan syariah dapat memenuhi kebutuhan modal masyarakat melalui akad syirkah. Seperti halnya yang terjadi di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo dengan pelaku usaha kecil dan menengah, di mana masing-masing menyetorkan modal kemudian untuk keuntungan dan kerugian dibagi sebanding dengan porsi modal yang disetor para pihak.
Fokus penelitian skripsi ini yakni: 1) Bagaimana penerapan prinsip kesetaraan pada akad syirkah sebagai wujud kemitraan di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo ?. 2) Bagaimana penerapan prinsip keterbukaan pada akad syirkah sebagai wujud kemitraan di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo?. 3) Bagaimana penerapan prinsip azaz manfaat pada akad syirkah di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo.
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kesetaraan pada akad syirkah di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo dengan nasabah, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip keterbukaan pada akad syirkah di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo, 3) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip azaz manfaat bersama pada akad syirkah di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo.
Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan, dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan perpanjangan penelitian.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Penerapan prinsip kesetaraan pada akad syirkah di BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo belum diterapkan secara maksimal dan belum sesuai dengan UU No. 21/2008, KHES, dan Fatwa DSN-MUI No. 114/DSN-MUI/IX/2017 2) Penerapan prinsip keterbukaan pada akad syirkah sebagai wujud kemitraan di BSI yaitu: laporan keuangan per-bulan oleh nasabah dan pengawasan pihak bank setiap sebulan dua kali, penerapan prinsip ini belum terlaksana dengan sempurna sesuai dengan Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah karena faktanya nasabah dapat melakukan kecurangan dengan tidak melaporkan keuangan dengan jujur dan bank belum dapat turun ke lapangan setiap hari karena tidak memungkinkan bagi bank . 3) Penerapan prinsip azaz manfaat pada akad syirkah sebagai wujud kemitraan tampak dari keuntungan yang diperoleh masing-masing pihak.
Kata Kunci: Prinsip Kemitraan, Syirkah, UKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mrs Laila Fitriyana
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:43
Last Modified: 05 Dec 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30006

Actions (login required)

View Item View Item