PEMBENTUKAN BRANDING DESA WISATA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER (Studi Akun Instagram @wisata.sidomulyo)

umam, shofiyul (2023) PEMBENTUKAN BRANDING DESA WISATA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER (Studi Akun Instagram @wisata.sidomulyo). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Paling Baru Shofiyul Umam SKRIPSI watermax.pdf

Download (4MB)

Abstract

Shofiyul Umam, 2023: Pembentukan Branding Desa Wisata Melalui Media
Sosial Instagram Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember
(Studi Akun Instagram @Wisata.Sidomulyo)
Kata Kunci : Pembentukan Branding, Media Sosial Instagram, Desa
Wisata
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
proses branding yang dilakukan oleh Media Center Sidomulyo Kecamatan
Silo Kabupaten Jember tahun 2022. Adapun bentuk branding yang
dilakukan melalui media sosial instagram dari akun ini yaitu dengan
menampilkan gambar-gambar dan juga hal-hal yang bersangkutan dengan
wisata tersebut, yang dikemas dengan desain yang cukup menarik sehingga
dapat diterima dan menarik pengikut dari akun ini.
Fokus penelitian dalam pembahasan ini adalah 1. Bagaimana tahapan
branding sebagai proses komunikasi yang dilakukan Media Center
Sidomulyo? 2. Bagaimana media sosial instagram Akun
@wisata.sidomulyo dapat difungsikan sebagai media publikasi terhadap
potensi wisata di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu 1. Mengetahui tahapan
branding sebagai proses komunikasi yang dilakukan Media Center
Sidomulyo dalam membranding desa wisata Melalui Media Sosial
Instagram? 2. Mengetahui Bagaimana media sosial Instagram Akun
@Wisata.Sidomulyo dapat difungsikan sebagai media publikasi potensi
wisata di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , sedangkan jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilakukan dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara
dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah
kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun pada teknik
keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Media Center
Pemerintahan Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kesimpulan pada skripsi ini adalah Media Center Sidomulyo
melakukan branding terhadap potensi wisata yang dimiliki Desa Sidomulyo
melalui 5 tahapan, antara lain: 1. Rekomendasi Analisis dan Strategi
Pencarian Pasar (menyusun dan menjadwal strategi yang akan dilaksanakan
guna mencapai target pasar), 2. Mengembangkan Identitas brand
(mengembangkan potensi wisata dengan mengenalkan potensi wisata) , 3.
Mengkomunikasikan brand kepada masyarakat (menjadikan media sebagai
media komunikasi), 4. Mengimplementasikan Brand, 5. Monitoring,
evaluasi, dan meninjau brand. Media Center Sidomulyo juga memanfaatkan
media sosial Instagram sebagai media publikasi serta media komunikasi
terhadap potensi wisata dengan menggunakan beberapa fitur yang terdapat
pada media sosial Instagram antara lain: News Feed, Reels, Instagram
Story, dan juga Instagram Ads

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0899 Other Information and Computing Sciences > 089999 Information and Computing Sciences not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shofi yul Umam
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:42
Last Modified: 06 Dec 2023 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30017

Actions (login required)

View Item View Item