Strategi Komunikasi Dakwah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Braille Kaum Disabilitas Netra (Studi Kasus Pada Museum Qur'an dan Pusat Studi Qur'an Disabilitas (PSQD) Jember)

Reza Salim, Mohammad Rifky (2023) Strategi Komunikasi Dakwah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Braille Kaum Disabilitas Netra (Studi Kasus Pada Museum Qur'an dan Pusat Studi Qur'an Disabilitas (PSQD) Jember). Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Mohammad Rifky Reza Salim_203206070007.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Salim, Mohammad Rifky Reza. 2023. Strategi Komunikasi Dakwah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Braille Kaum Disabilitas Netra (Studi Kasus pada Museum Qur’an dan Pusat Studi Qur’an Disabilitas (PSQD) Jember). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag. M. Si. (2) Dr. Kun Wazis, S.Sos.I. M.I.Kom.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Dakwah, al-Qur’an Braille, Disabilitas Netra
Dalam arti luas dakwah menuntut kita untuk menyampaikan pesan kepada seluruh umat manusia, termasuk kaum disabilitas netra. Pesan dakwah beraneka ragam, baik kalam Ilahi (al-Qur’an) maupun sabda Nabi (al-Hadith). Namun fenomena saat ini, dakwah terhadap kaum disabilitas netra kurang mendapat perhatian, termasuk dalam penyampaian pesan dakwah dan membaca al-Qur’an Braille. Perlu strategi komunikasi yang jitu agar dakwah terhadap kaum disabilitas netra berkembang lebih baik.
Adapun fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi komunikasi dakwah yang diterapkan dalam penyampaian pesan dakwah kaum disabilitas netra di Jember? (2) Bagaimana strategi komunikasi dakwah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Braille kaum disabilitas netra di Jember?
Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini ingin mengetahui secara mendalam tentang strategi komunikasi dakwah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Braille disabilitas netra studi kasus Museum Qur’an dan Pusat Studi Qur’an Disabilitas (PSQD) Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dakwah yang diterapkan dalam penyampaian pesan dakwah kaum disabilitas netra, di dapatkan temuan berikut ini yaitu; (1) Antisipasi mobilitas peserta; (2) Antisipasi ketersediaan guru dengan pelatihan; (3) Penyesuaian jadwal kegiatan; (4) Pengadaan kajian dakwah online; (5) Digitalisasi/Penggunaan media berbasis digital dan Online. Strategi komunikasi dakwah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Braille kaum disabilitas netra, di dapatkan temuan berikut ini yaitu: (1) Perencanaan Program Pelatihan; (2) Pendekatan secara pribadi (Personal relationship approach); (3) Memaksimalkan Guru dengan Training of Trainer (ToT); (4) Tahapan dan metode dalam Belajar Al-Qur’an Braille; (5) target peserta pelatihan al-Qur’an Braille; (6) Evaluasi kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohammad Rifky Reza Salim Rifky
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:01
Last Modified: 06 Dec 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30028

Actions (login required)

View Item View Item