KONSEP KAFAAH DALAM MEMILIH PASANGAN SUAMI ISTRI DITINJAU DARI PENDAPAT ULAMA’ MAZHAB SYAFII DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM

Ahmad, Fauzi (2023) KONSEP KAFAAH DALAM MEMILIH PASANGAN SUAMI ISTRI DITINJAU DARI PENDAPAT ULAMA’ MAZHAB SYAFII DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN KH AHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ahmad Fauzi_S20191051..pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Fauzi, 2023: Konsep Kafaah Dalam Memilih Pasangan Suami Istri Ditinjau Dari Pendapat Ulama Mazhab Syafii Dan Kompilasi Hukum Islam
Kata Kunci: kafaah, mazhab Syafii, KHI
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya perceraian yang terjadi. Hal tersebut pasti ada masalah yang tidak mampu diselesaikan dengan baik oleh pasangan suami istri dalam rumah tangganya. Padahal pernikahan disyariatkan guna menjadi jalan pendekatan diri kepada Allah SWT bukan malah menjadi hubungan yang dibenci oleh Allah SWT. Peneliti meyakini bahwa penyebab terjadinya ketidakharmonisan dalam rumah tangga disebabkan karena pasangan suami istri tidak menerapkan kafaah. Kafaah disyariatkan memang untuk menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga. Hal ini mendorong peneliti untuk meninjau lebih mendalam konsep kafaah menurut pandangan ulama fikih khususnya mazhab Syafii dan melakukan perbandingan dengan KHI.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana konsep kafaah dalam mazhab Syafii ? 2) bagaimana konsep kafaah dalam KHI? 3) bagaimana komparasi kafaah dalam mazhab Syafii dan KHI? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep kafaah dalam mazhab Syafii. 2) Untuk mengetahui konsep kafaah dalam KHI. 3) Untuk mengetahui komparasi kafaah dalam mazhab Syafii dan KHI.
Kajian ini menggunakan kajian normatif (normatif law research) dengan menggunakan pendekatan metode perbandingan atau komparasi (Comparative Approach) serta teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan studi pustaka (Bibliography study). Dengan metode ini, peneliti melakukan penelitian tentang konsep kafaah dalam mazhab Syafii dan KHI yang diperoleh dari kitab-kitab fikih, buku-buku, jurnal dan artikel terkait.
Dalam penelitian ini terdapat kesimpulan sebagai berikut: 1) konsep kafaah dalam mazhab Syafii kafaah merupakan keseimbangan dan kesetaraan yang tidak adanya menjadikan kecacatan pernikahan. Unsur-unsur kafaah dalam mazhab Syafii ada lima yaitu agama/ifah, merdeka, tidak ada aib, nasab dan profesi. 2) kafaah dalam KHI Pasal 61 dikatakan bahwa tidak sekufu’’ tidak bisa dijadikan alasan pencegahan pernikahan. 3) komparasi di antara keduanya yaitu sama-sama memasukkan unsur agama dalam kafaah dan perbedaan Nya kafaah dalam mazhab Syafii diikuti dengan lima unsur sedangkan dalam KHI hanya satu unsur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: mis Fauzi Ahmad
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:52
Last Modified: 07 Dec 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30030

Actions (login required)

View Item View Item