Strategi Bauran Pemasaran Dalam Maksimalisasi Laba Pada UMKM Batik Laila dI Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang

Patriolika, Erika (2023) Strategi Bauran Pemasaran Dalam Maksimalisasi Laba Pada UMKM Batik Laila dI Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erika Patriolika _E20192392.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) adalah suatu badan usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh perorangan atau sebuah sebuah lembaga. UMKM merupakan sebuah badan usaha yang sangat potensial dalam pembangunan perekonomian di Inonesia. Kontribusi UMKM pada Pendapatan Nasional sebesar 60.5%, ini menunjukkan bahwa UMKM yang berada di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan sehingga akan dapat berkontribusi lebih besar lagi terhadap pekembangan perekonomian negara Indonesia. Setiap pelaku usaha UMKM akan memilih dan menerapkan stratategi pemasaran yang sesuai agar target penjualan bisa tercapai secara maksimal. Strategi tersebut akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan usahanya. Seperti strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha UMKM Batik Laila. Usaha Batik Laila memilih strategi bauran pemasaran sebagai alat pemasaran untuk mencapai penjualan dan pendapatan usaha yang maksimal.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi bauran pemasaran pada UMKM Batik Laila di desa Ranulogong Kecaatan Randuagung Kabupaten Lumajang. 2) Bagaimana strategi bauran pemasaran dalam maksimalisasi laba pada UMKM Batik Laila di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran pasaran pada UMKM Batik Laila di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mengatahui strategi bauran pemasaran yang dominan dalam maksimalisasi laba pada UMKM Batik Laila di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang.
Untuk menjawab permasalahan diatas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1) Penerapan strategi bauran pemasaran pada usaha Batik Laila di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang sudah sesuai dengan bauran pemasaran yaitu; product, price, place, promotion, process, people, physical evidence, dan payment. 2) Strategi pemasaran dalam maksimalisasi laba yang lebih dominan pada bauran pemasaran product dan promotion.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran; Maksimalisasi Laba; UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Patriolika Rika Hotif
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:01
Last Modified: 07 Dec 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item