Manajemen Pelatihan Kompetensi Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodiri IV Jombang-Jember.

Jannah, Noviatul (2023) Manajemen Pelatihan Kompetensi Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodiri IV Jombang-Jember. Undergraduate thesis, Uin KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
noviatul Jannah_T20193167.pdf

Download (4MB)

Abstract

Noviatul Jannah, 2023: Manajemen Pelatihan Kompetensi Pendidik dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodiri IV
Jombang-Jember.
Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, Kompetensi Pendidik, Mutu Pembelajaran.
Manajemen Pelatihan kompetensi pendidik dalam meningkatkan mutu
pembelajaran merupakan suatu proses pengelolaan pelatihan yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi
guru yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian
agar dapat menghasilkan proses pembelajaran yang ideal antara pendidik dan
peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
pelatihan kompetensi pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs
Al-Qodiri IV? 2) Bagaimana Pelaksanaan pelatihan kompetensi pendidik dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Al-Qodiri IV? 3) Bagaimana evaluasi
pelatihan kompetensi pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs
Al-Qodiri IV Jombang-Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan 1) perencanaan
pelatihan kompetensi pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs
Al-Qodiri IV 2) pelaksanaan pelatihan kompetensi pendidik dalam meningkatkan
mutu pembelajaran di MTs Al-Qodiri IV 3) evaluasi pelatihan kompetensi
pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Al-Qodiri IV.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Adapun
tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1)
perencanaan pelatihan meliputi dua langkah. Pertama, analisis kebutuhan terdiri
dari analisis organisasi dan analisis pekerjaan. Kedua, persiapan pelatihan terdiri
dari penjadwalan, penentuan peserta, menghubungi pemateri, menyusun materi
dan menyediakan sarana dan prasarana. 2) Pelaksanaan pelatihan yaitu seminggu
sekali pada hari sabtu yang diikuti oleh guru penggerak, penanggung jawabnya
adalah kepala sekolah, pembiayaan pelatihan oleh pengasuh pesantren. Pelatihan
yang dilaksanakan adalah pelatihan peningkatan 4 kompetensi pendidik
diantaranya pelatihan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.
3) evaluasinya ada dua macam, evaluasi proses dan evaluasi hasil melalui
posstest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd Noviatul Jannah
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:36
Last Modified: 07 Dec 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30038

Actions (login required)

View Item View Item