RIDHO’I, MOHAMMAD (2016) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
MOHAMMAD RIDHO’I_084 113 058.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam melaksanakan pengawasan terhadap proses pendidikan, kepala madrasah menjadi garda terdepan dalam mengawasi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Maka dengan begitu, kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru bisa di pantau dan di kendalikan dengan baik. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada aspek perencanaan pembelajaran di MAN 1 Jember ? 2) Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada aspek pelaksanaan pembelajaran di MAN 1 Jember ? 3) Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada aspek evaluasi pembelajaran di MAN 1 Jember ? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada aspek perencanaan pembelajaran di MAN 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada aspek pelaksanaan pembelajaran di MAN 1 Jember . 3) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada aspek evaluasi pembelajaran di MAN 1 Jember Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif reflektif melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Bahwasanya peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 1 Jember sudah terlaksana dengan baik yang mempunyai standarstandar yang sudah ditetapkan oleh madrasah. 1) dari data observasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran di MAN 1 Jember berlangsung dengan standar-standar yang sudah di tetapkan, artinya perencanaan pembelajaran dilakukan dengan baik. 2) kompetensi pedagogik guru adalah melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan kondusif, karena pengaturan pelaksanaan pembelajaran baik, mulai dari cara guru mengajar yang di dukung dengan media pembelajaran yang sudah terpasang permanen di kelaskelas, alokasi jam pelajaran, dan jam istirihat, dengan penataan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien akan membetuk budaya sekolah dan iklim sekolah yang baik. 3) Evaluasi pembelajaran muara dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran. Ketiga hal ini yang akan mewujudkan kesuksesan pendidikan yang berlangsung di madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:52 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30046 |
Actions (login required)
View Item |