Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2023

Zahro Nur Habibah, Hajar (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hajar Zahro Nur Habibah T20191172.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hajar Zahro Nur Habibah, 2023: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tanggul Tahun
Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Peserta Didik
Globalisasi menjadikan peserta didik semakn kehilangan moralnya yakni
adanya kekerasan seksual, tawuran pelajar, mengkonsumsi obat-obatan terlarang,
dan sex bebas, dan juga minimnya membaca peserta didik. Dengan demikian,
pendidikan harus ditanamkan sedemikian rupa kepada peserta didik dan juga
dalam hal ini peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter
peserta didik sangat diperlukan.
Fokus penelitian ini yakni: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama
Islam sebagai pembimbing dalam membentuk karakter peserta didik kelas VIII di
SMP Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana peran guru
pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk karakter peserta
didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan
penelitian ini yakni: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama
Islam sebagai pembimbing dalam membentuk karakter peserta didik di SMP
Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan peran
guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk karakter
peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanggul Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui
beberapa cara yaitu kondensai data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) guru pendidikan agama
Islam sebagai pembimbing melakukan suatu rangkaian program untuk
membentuk karakter religius peserta didik, yakni sholat dhuhur berjamaah setiap
hari dan membaca surat yasin setiap hari jum’at. 2) guru pendidikan agama Islam
juga memberikan motivasi kepada peserta didiknya sep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hajar Habibah Misnadi
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:25
Last Modified: 11 Dec 2023 04:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30049

Actions (login required)

View Item View Item