Pengembangan e-ensiklopedia biologi sub materi pteridophyta di kawasan taman nasional Meru Betiri untuk siswa kelas X IPA di sma negeri Ambulu Jember.

Yoga, Bintang (2023) Pengembangan e-ensiklopedia biologi sub materi pteridophyta di kawasan taman nasional Meru Betiri untuk siswa kelas X IPA di sma negeri Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BINTANG PRAYOGA_T20198096.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci : E-Ensiklopedia, Potensi lokal, Pteridophyta, Taman Nasional
Meru Betiri
Materi keanekaragaman makhluk hidup merupakan materi yang memiliki
pokok bahasan cukup banyak dan kompleks. Hasil analisis kebutuhan siswa yang
dilakukan di SMAN Ambulu sebesar 67,5% dari 20 siswa mengalami kesulitan
dalam memahami materi jika hanya melalui LKS dan buku paket. Oleh karena itu,
diperlukan inovasi bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Bahan ajar menarik dapat bersumber dari lingkungan sekitar atau potensi lokal
yang ada di lingkungan sekitar siswa seperti Taman Nasional Meru Betiri
Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Mendeskripsikan kevalidan EEnsiklopedia Biologi Sub Materi Pteridophyta Berbasis Potensi Lokal Di
Kawasan Taman Nasional Meru Betiri. 2) Mendeskripsikan respon siswa EEnsiklopedia Biologi Sub Materi Pteridophyta Berbasis Potensi Lokal Di
Kawasan Taman Nasional Meru Betiri. 3) Mengukur keefektifan E-Ensiklopedia
Biologi Sub Materi Pteridophyta Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Taman
Nasional Meru Betiri
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan
Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D.
Tahapannya adalah Define (Pendefinisian), Design (Desain), Development
(Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar wawancara, lembar angket, nilai pre-test dan post-test.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan
persentase validitas, persentase tingkat kelayakan, analisis deskripstif kualitatif
dan analisis data keefektifan menggunakan uji paired sample T-Test dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli materi
mendapatkan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat valid, validasi ahli
media, ahli bahasa, dan guru biologi mendapatkan persentase 94%, 96,5%, 94%,
dengan kategori sangat valid, 2) Presentase rata-rata respon siswa sebesar 87%
dengan kategori sangat baik. 3) Hasil uji T diperoleh nilai sig sebesar 0,00<0,05,
dan hasil uji N-gain sebesar 0,78 dinyatakan sangat efektif. Oleh karena itu
sumber belajar E-Ensiklopedia Biologi dapat digunakan dalam proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060704 Plant Pathology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Depositing User: Yoga Bintang Prayoga
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:14
Last Modified: 07 Dec 2023 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30050

Actions (login required)

View Item View Item