Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Di Madrasah Tsanawiyah Al Qodiri IV Jombang-Jember

Kamilia, Nur Izzah (2023) Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Di Madrasah Tsanawiyah Al Qodiri IV Jombang-Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Izzah Kamilia_T20191485.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Izzah Kamilia, 2023: Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama
Islam Melalui Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Di Madrasah Tsanawiyah
Al Qodiri IV Jombang-Jember.
Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi, Guru Pendidikan Agama Islam,
Pendidikan dan Pelatihan.
Peningkatan Kompetensi Guru sangatlah penting agar proses pembelajaran
dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang di harapkan, salah
satunya melalui pendidikan dan pelatihan yang di laksanakan di MTs Al Qodiri
IV Jombang-Jember setiap satu minggu sekali.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana peningkatan
kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan
Pendidikan Dan Pelatihan di Madrasah Tsanawiyah Al Qodiri IV? 2) Bagaimana
peningkatan kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam melalui
kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan di Madrasah Tsanawiyah Al Qodiri IV?
3) Bagaimana peningkatan kompetensi sosial dan kepribadian Guru Pendidikan
Agama Islam melalui kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan di Madrasah
Tsanawiyah Al Qodiri IV?
Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan peningkatan
kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan
Pendidikan Dan Pelatihan di MTs Al Qodiri IV. 2) Untuk mendeskripsikan
peningkatan kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam melalui
kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan di MTs Al Qodiri IV. 3) Untuk
mendeskripsikan peningkatan kompetensi sosial dan kepribadian Guru Pendidikan
Agama Islam melalui kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan di MTs Al Qodiri IV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif. penentuan
subyek penelitian menggunakan purposive sempling, pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data
menggunakan konsep menurut Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian menunjukan: 1) peningkatan kompetensi pedagogik
Guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan
Strategi pengelolaan kelas kreatif dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) yang
bertujuan agar capaian pembelajaran bisa tercapai dengan baik, 2) peningkatan
kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan
Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Guru PAI dalam Pembelajaran dengan
memahami konsep kurikulum merdeka, pelatihan ini bertujuan untuk mengasah
kesiapan guru dalam memberikan pelayanan prima dengan memberikan pengaruh,
bimbingan dan mengelola peserta didiknya dalam proses pembelajaran, 3)
peningkatan kompetensi kepribadian (Peningkatan Kualitas Guru) dan
kompetensi sosial (Prinsip Cinta dalam Bingkai Agama) kegiatan Pendidikan Dan
Pelatihan dengan tema yang dideskripsikan diatas bertujuan agar guru memiliki
kompetensi yang baik guna mendorong peserta didik agar mencapai karakter yang
berkualitas dan meningkatkan budaya prestasi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Nur izzah kamilia
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:34
Last Modified: 07 Dec 2023 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30056

Actions (login required)

View Item View Item