IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA DI MAN I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

wazir illahi, muhammad (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA DI MAN I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Wazir Ilahi_084 111 007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia pendidikan saat ini menghadapi berbagai masalah yang kompleks yang perlu mendapatkan perhatian kita semua, salah satu masalah tersebut adalah menurunnya rasa kebangsaan karena munculnya arus deras globalisasi. Sekolah sebagai pendidikan formal dapat menjadi tempat yang strategis untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan rasa nasionalisme kepada generasi muda. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme salah satunya adalah ekstrakurikuler paskibra. Paskibra merupakan pasukan pengibar bendera yang dilaksanakan oleh generasi muda yakni siswa-siswi yang ada di sekolah. Fokus penelitian ini adalah: (1), bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Pasukan pengibar bendera di MAN I Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? (2), bagaimana strategi implementasi nilai-nilai Pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Paskibra di MAN I Jember? (3), apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai-nilai Pancasila bagi pembentukan Akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Paskibra? Tujuan umum penelitian ini yaitu: (1), mendeskripsikan implementasi nilainilai Pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Pasukan pengibar bendera di MAN I Jember. (2), mendeskripsikan strategi implementasi nilai-nilai Pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Pasukan pengibar bendera di MAN I Jember. (3), mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor Penghambat Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Pasukan pengibar bendera di MAN I Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Aliyah Negeri I Jl. Imam Bonjol No 15 Kaliwates Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun temuan penelitian ini yaitu: (1), Implementasi nilai-nilai pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Pasukan pengibar bendera (Paskibra) di MAN I Jember Tahun 2015/2016 antara lain Pertama, mengimplementasikan nilai Relijius, Kedua, mengimplementasikan nilai Nasionalisme. Ketiga, melaksanakan nilai Kemanusiaan. Keempat, mengimplementasikan nilai Demokrasi. Kelima, mengimplementasikan nilai Keadailan. (2), Strategi Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Pasukan pengibar bendera (Paskibra) di MAN I Jember Tahun 2015/2016 antara lain dengan cara: Pertama, menggunakan strategi nilai Relijius. Kedua, menggunakan strategi nilai kemanusiaan. Ketiga, menggunakan strategi nilai Nasionalisme, Keempat x menggunakan strategi nilai Demokrasinya. Kelima, menggunakan strategi nilai Keadilan. (3) Faktor pendukung dan faktor Penghambat Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi pembentukan akhlak siswa melalui kegiatan Ekstra Kurikuler Pasukan pengibar bendera (Paskibra) di MAN I Jember Tahun 2015/2016: Kepala sekolah MAN 1 Jember sangat mendukung penuh baik secara moril, maupun materil terhadap terhadap kegiatan Paskibra, pengadaan atribut-atribut yang dibutuhkan oleh angota Paskibra, pengaliran dana terhadap anggota Paskibra yang hendak diikut sertakan lomba. intinya di MAN 1 tidak ada masalah-masalah khususnya berkenaan dengan sarana dan prasarana akan tetapi masih ada kendala terkait masalah disiplin waktu dan juga kendala cuaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:52
Last Modified: 08 Dec 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30064

Actions (login required)

View Item View Item