Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Easy Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung.

Abror, Masrory (2023) Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Easy Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Masrory Abror.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masrory Abror, Toton Fanshurna, M.E.I, 2023 : Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Easy Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung.

Kata Kunci : Religiusitas, Pengetahuan, Lingkungan Sosial, Minat Menabung, Tabungan Easy Wadi’ah

Minat seseorang dalam menabung dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pengetahuan. Pengetahuan adalah suatu informasi yang dapat diperoleh dari berbagai media, diantaranya internet, radio, pamflet, buletin, surat kabar, majalah, bahkan pengalaman sesorang. Pengetahuan konsumen mencakup seluruh informasi yang dimiliki konsumen tentang berbagai barang dan jasa (dalam contoh ini barang dan jasa yang disediakan oleh bank syariah), serta pengetahuan tentang barang dan jasa tersebut secara umum dan infromasi tentang perannya sebagai konsumen.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apakah religiusitas, pengetahuan, dan lingkungan sosial secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan easy wadi’ah di Bank Syariah Indonesia
KCP Jember Balung?, 2) Apakah religiusitas, pengetahuan, dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan easy wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan, serta lingkungan sosial secara parsial atas minat nasabah mempergunakan tabungan easy wadi‘ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung, 2) untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan, serta lingkungan sosial secara simultan atas minat nasabah mempergunakan tabungan easy wadi‘ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang diikuti oleh 99 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji parsial (t) dan uji simultan (F).
Hasil pada penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel religiusitas, pengetahuan, dan lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan easy wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung. Dan secara simultan variabel religiusitas, pengetahuan, dan lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan easy wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Masrory Abror
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:18
Last Modified: 08 Dec 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30071

Actions (login required)

View Item View Item