Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di Rumah Mengaji Al-Khoir Ajung Jember

Masyrifah, Nur Lailatin (2023) Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di Rumah Mengaji Al-Khoir Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Lailatin Masyrifah_T20191166.pdf

Download (3MB)

Abstract

Santri di Rumah Mengaji Al-Khoir Ajung Jember beberapa ada yang
kemapuan membaca Al-Qur'annya belum lancar dan benar, tidak memperhatikan
panjang pendek dan tajwidnya. Beberapa faktor menjadi penyebabnya antara lain,
kemampuan santri dalam memahami materi dan kurang kerjasamanya orang tua dengan pembiasaan mengulas materi ketika dirumah. Oleh karena itu Rumah
mengaji al-khoir didirikan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an
sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar islam pada anak usia Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Madrasah Tsanawiyah. Hal ini dimaksu
dkan
untu

k
membantu
meningkakan kemampuan membaca Al-Qur'an santri.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana penerapan metode ummi dalam
pembelajaran Al-Qur'an di rumah mengaji al-khoir ajung jember? 2) Bagaimana
implikasi metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an terhadap peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur'an santri di rumah mengaji al-khoir ajung jember?.
Tujuan penelitian: 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode ummi dalam
pembelajaran Al-Qur'an di rumah mengaji al-khoir ajung jember, 2) untuk
mendeskripsikan implikasi metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an
terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an santri di rumah mengaji
al-khoir ajung jember.
Metode penelitian: metode penelitian yang digunakan studi kasus (case studies) dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
teknik analisis Milels, Hu
be
rman,
dan Saldana yaitu konde

nsasi data, pe
nyajian
data, dan me
mbu
at
ke
simpu
lan.
Hasil temuan penelitian: 1) Pembelajaran di Rumah Mengaji Al-Khoir
Ajung Jember melalui: a. Melakukan pengetesan bacaan Al-Qur'an anak, b.
Pemetaan penempatan jilid anak, c. pelaksanaannya menerapkan metode ummi
menggunakan jilid ummi 1-6 ditambah buku gharib dan ilmu tajwid.
Pembelajaran Rumah Mengaji Al-Khoir Ajung Jember mempunyai faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajarannya, fator pendukung diantaranya metode yang bermutu, sertifikasi guru, semangat dan minat dari
santri, sarana prasarana seperti: jilid 1-6 ditambah ghorib dan ilmu tajwid,
rumah/bangunan, dan alat peraga. Faktor penghambatnya terdapat pada
kemampuan anak yang bervariasi dan kurangnya pengawasan dari orang tua. 2)
Pembelajaran Al-Qur'an dengan metode ummi di Rumah Mengaji Al-Khoir
Ajung Jember menunjukkan bahwa peningkatan membaca Al-Qur'an santri cukup
meningkat hampir 70% santri fasih dalam membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Lailatin Masyrifah
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:34
Last Modified: 08 Dec 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30082

Actions (login required)

View Item View Item