Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik di MAN 1 Jember

Darmansyah, Febry (2023) Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FEBRY DARMANSYAH_T20193159.pdf

Download (3MB)

Abstract

Total Quality Manajemen (TQM) merupakan sebuah manajemen pada
suatu institusi yang memfokuskan pada peningkatan kualitas dengan melibatkan
seluruh sumber daya manusia dengan tujuan agar meningkat secara berkelanjutan
terhadap kepuasan customer (pelanggan) yang secara terus menerus. Oleh karena
itu untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan, dan harapan. Juga
mengembangkan kompetensi sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing,
hal ini dilakukan agar memudahkan peserta didik/siswa untuk melanjutkan
kejenjang yang lebih tinggi tentunya dapat melanjutkan keperguruan tinggi favorit
atau pilihan mereka, karena Manajemen mutu terpadu merupakan sebuah konsep
baru namun tidak bisa dipungkiri perkembangannya sangatlah baik bagi
orgaanisasi, tidak hanya pada bidang ekonomi dan bisnis saja, tetapi manajemen
mutu terpadu juga dapat diterapkan pada bidang pendidikan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan total
quality management dalam mengembangkan kompetensi peserta didik di MAN 1
Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan total quality management dalam
mengembangkan kompetensi peserta didik di MAN 1 Jember? 3) Bagaimana
evaluasi total quality management dalam mengembangkan kompetensi peserta
didik di MAN 1 Jember? 4) Bagaimana tindak lanjut total quality management
dalam mengembangkan kompetensi peserta didik di MAN 1 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
naratif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1)
Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Kesimpulan/verifikasi. Metode keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan total quality management
dalam mengembangkan kompetensi peserta didik di MAN 1 Jember dilihat dari
analisis pengguns siapa pelanggannya dan analisis kebutuhan apa kebutuhannya,
sehingga rencana yang ingin di capai dapat berjalan secara efektif dalam
perencanaannya dengan melalui komunikasi dan koordinasi dalam rapat dengan
guru dan staff madrasah. 2) Pelaksanaan total quality management dalam
mengembangkan kompetensi peserta didik di MAN 1 Jember berupa selalu
mengadakan rapat dewan Guru, dan Staff, serta pertemuaan dengan wali murid
dengan mensosialisasikan program yang sudah ditetapkan. 3) Evaluasi total
quality management dalam mengembangkan kompetensi peserta didik di MAN 1
Jember dapat dilihatnya di setiap sisi dimana letak kekurangan dan kelebihan guru
tersebut dan apa yang harus diperbaiki kedepannya, dan adanya rapat evaluasi,
evaluasi secara berkala 4) Tindak lanjut total quality management dalam
mengembangkan kompetensi peserta didik di MAN 1 Jember berupa memberikan
pelatihan-pelatihan kepada guru untuk memperbaiki setiap proses pendidikan
sekolah dan juga untuk peningkatan SDM madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Depositing User: Febry Darmansyah
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:20
Last Modified: 08 Dec 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30093

Actions (login required)

View Item View Item