Pembiasaan Membaca Doa Sehari-Hari Sebagai Upaya Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Anuban Santivit Ban Na Chana Songkhla Thailand Selatan

Nafi', Nabilah 'Ainun (2023) Pembiasaan Membaca Doa Sehari-Hari Sebagai Upaya Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Anuban Santivit Ban Na Chana Songkhla Thailand Selatan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nabila Ainun Nafi'_202101050044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nabilah ‘Ainun Nafi’, 2023: “Pembiasaan Membaca Doa Sehari-Hari Sebagai Upaya Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Anuban Santivit Ban Na Chana Songkhla, Thailand Selatan”.

Kata Kunci: Pembiasaan Membaca Doa Sehari-hari, Nilai Agama, Nilai Moral, dan Anak Usia Dini.

Pembiasaan membaca doa sehari-hari merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk diterapkan kepada anak usia dini. Peserta didik di Anuban Santivit minim nilai agama terutama dalam doa-doa harian karena kurangnya pembiasaan membaca doa sehari-hari. Kurangnya nilai moral pada anak usia dini disebabkan oleh orang tua yang jarang membiasakan membaca doa sehari-hari di rumah. Oleh karena itu, guru di Anuban Santivit membiasakan membaca doa sehari-hari sebagai upaya mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia dini di Anuban Santivit Songkhla Thailand Selatan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembiasaan membaca doa sehari-hari dalam mengembangkan nilai agama pada anak usia 5-6 tahun di Anuban Santivit Ban Na Chana Songkhla, Thailand Selatan? 2) Bagaimana dampak pembiasaan membaca doa sehari-hari pada perilaku dan sikap anak usia 5-6 tahun terhadap nilai-nilai moral di Anuban Santivit Ban Na Chana Songkhla, Thailand?.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di Santivit Songkhla Thailand. Penentuan subyek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan kebasahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, pembiasaan membaca doa sehari-hari dapat mengembangkan nilai-nilai agama pada anak usia dini dan memberikan dampak pada sikap dan perilaku anak usia 5-6 tahun terhadap nilai-nilai moral di Anuban Santivit Ban Na Chana Songkhla Thailand Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms. Nabilah 'Ainun Nafi'
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:51
Last Modified: 11 Dec 2023 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30096

Actions (login required)

View Item View Item