PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV C DI SD AL BAITUL AMIEN 02 JEMBER

ZUHROTUN NISA', SITI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV C DI SD AL BAITUL AMIEN 02 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI ZUHROTUN NISA' T20194135.pdf

Download (30MB)

Abstract

Siti Zuhrotun Nisa’, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Segiempat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV C SD Al Baitul Amien 02 Jember”.
Kata Kunci: Pengembangan, Google Sites, Matematika, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika, pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting bagi siswa dan menjadi pembelajaran pokok, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas sebagai guru kelas dalam proses pembelajaran, agar materi yg diajarkan dapat tersampaikan dengan baik terhadap siswa. Dalam hal ini penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Ketepatan memilih media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan hasil pebelajaran. Dengan adanya bantuan media Berbasis Web Google Sites bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV C di SD Al- Baitul Amien 02 Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagimana proses pengembangan media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember? 3) Bagaimana kemenarikan media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember? 4) Bagimana efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember?
Tujuan dari penelitian ini yakni 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember 2) Untuk mengetahui kelayakan produk yang berupa media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV C SD Al Baitul Amien 02 Jember 3) Untuk mengetahui kemenarikan media pembelajaran berbasis Web Google Sites pada materi segiempat peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember 4) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada materi segiempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV C SD Al Baitul Amien 02 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan procedural yang bersifat deskriptif model ADDIE dengan instrumen pengumpulan data berupa wawancara,observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Proses pengembangan media menghasilkan web Google sites 2) Media Web Google Sites layak untuk digunakan dalam proses belajar dan mengajar dikarenakan telah teruji dan divalidasi oleh tiga pakar ahli yakni ahli media 82,3%, materi 94,2% dan guru 100% kelas sehingga memiliki rata-rata sebesar 92,23% jadi bisa disimpulkan bahwa media Web Google Sites layak untuk digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember. 3) Media Web Google Sites dikategorikan menarik dikarenakan berdasarkan angket yang diperoleh terdapat peningkatan sebesar 16,26%, pada angket ketertarikan media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVC SD Al Baitul Amien 02 Jember, angket pertama sebesar 67% menjadi 83,26%. 4) Media Web Google Sites efektif meningkatkan hasil belajar belajar siswa ditandai dengan hasil presentase nilai yang meningkat. Hasil belajar pada pre-test dengan rata-rata 45,83 dan post-test sebesar 91,46 sehingga mengalami peningkatan sebesar 45,63% sehingga dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0802 Computation Theory and Mathematics > 080204 Mathematical Software
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100603 Logic Design
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Zuhrotun Nisa'
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:27
Last Modified: 18 Dec 2023 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30104

Actions (login required)

View Item View Item