Pengaruh laba bersih dan total arus kas terhadap harga saham pada Perusahaan BUMN yang terdaftar dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021

Afifah, Onavita Firstarina (2023) Pengaruh laba bersih dan total arus kas terhadap harga saham pada Perusahaan BUMN yang terdaftar dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Onavita Firstarina Afifah_E20193027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Onavita Firstarina Afifah, Wildan Khisbullah Suhma, S.Akun., M.Ak., 2023: Pengaruh Laba Bersih dan Total Arus Kas terhadap Harga Saham pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2021

Dalam mengambil keputusan investasi, investor memerlukan informasi yang memadai terkait faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham untuk meminimalisir risiko yang terjadi. Salah satu faktor internal yang dapat berpengaruh terhadap harga saham dapat diketahui melalui informasi mengenai kinerja perusahaan yang berasal dari laporan keuangan, seperti laba bersih dan total arus kas. Berdasarkan dari teori yang ada, laba bersih dan total arus kas memiliki kandungan informasi yang dapat mempengaruhi pergerakan harga saham. Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan fenomena yang terjadi pada perusahaan BUMN yang terdaftar dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Di mana terdapat beberapa perusahaan yang mengalami kenaikan laba bersih dan total arus kas, tetapi tidak disertai dengan kenaikan harga saham. Dan begitu pula sebaliknya, terdapat beberapa perusahaan yang mengalami penurunan laba bersih dan total arus kas, namun tidak disertai dengan penurunan harga saham.

Rumusan masalah penelitian yang diteliti dalam skripsi ini merupakan: (1) Apakah laba bersih berpengaruh signifikan terhadap harga saham? (2) Apakah total arus kas berpengaruh signifikan terhadap harga saham? (3) Apakah laba bersih dan total arus kas secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap harga saham?

Tujuan dari penelitian ini merupakan: (1) Untuk mengetahui pengaruh laba bersih terhadap harga saham. (2) Untuk mengetahui pengaruh total arus kas terhadap harga saham. (3) Untuk mengetahui pengaruh laba bersih dan total arus kas secara simultan (bersama-sama) terhadap harga saham.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan 15 Perusahaan BUMN yang terdaftar dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 11 perusahaan dengan 55 jumlah data yang memenuhi kriteria sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan teknik dokumentasi. Analisis data yang dipakai yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan bantuan program SPSS statistik versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) laba bersih secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham. 2) total arus kas secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham. 3) laba bersih dan total arus kas secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci: Laba Bersih, Total Arus Kas, Harga Saham

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150113 Stock Exchange
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Onavita Firstarina Afifah
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:21
Last Modified: 11 Dec 2023 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30105

Actions (login required)

View Item View Item