Manajemen layanan administrasi pada seksi pendidikan diniyah dan pondok pesantren kantor kementrian agama kabupaten jember tahun 2023

Lailatul Ikromah, Tarisa (2023) Manajemen layanan administrasi pada seksi pendidikan diniyah dan pondok pesantren kantor kementrian agama kabupaten jember tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Tarisa Skripsi Fix.pdf

Download (21MB)

Abstract

Tarisa Lailatul Ikromah, 2023: Manajemen Layanan Administrasi Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jember Tahun 2023

Kata Kunci: Manajemen Layanan Administrasi

Manajemen layanan administrasi sebagai proses mengarahkan karyawan kepada suatu Perusahaan untuk menggunakan sarana dan prasarana yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Oleh karena itu manajemen administrasi merupakan suatu ilmu manajemen yang dapat memberikan informasi menegnai pelayanan administrasi agar dapat menjalankan operasionalnya secara optimal.
​Fokus penilitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana jenis-jenis Layanan Administrasi Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jember Tahun 2023? 2)Bagaimana Penerapan Layanan administrasi Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jember Tahun 2023? 3) Bagaimana faktor Pendukung dan Penghambat Layanan Administrasi Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember Tahun 2023?
Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. kemudian Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) jenis-jenis layanan administrasi di seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren yaitu penyediaan layanan publik yang meliputi tentang perijinan operasional, layanan rekomendasi dan layanan pendataan. 2) penerapan layanan administrasi pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren adalah sesuai dengan fungsi manajemen yakni adanya perencanaan bahwa seksi Pendidikan diniyah dan Pondok Pesantren merencanakan RKT (Rencana Kerja Tahunan) lalu melaksanakan kegiatan sesuai dengan kebijakan dan melaksanakan kunjungan atau visitasi Lembaga, serta melakukan kegiatan evaluasi internal dan external yang dilaksanakan setiap seminggu sekali dan maksimal satu bulan sekali. 3) factor pendukung dan Penghambat layanan administrasi pada seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren meliputi sumber daya manusia yang tentunya penerimaan kualifikasi pegawai sudah sangat selektif kemudian didukung dengan sarana prasarana yang mencukupi dan menerapkan nilai kinerja kementrian agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi dan tanggung jawab hal ini agar pelaksanaan layanan administrasi berjalan dengan efektif dan efesien. Adapun beberapa faktor penghambat layanan administrasi antara lain terkendala koneksi internet yang kurang maksimal, kurangnya tempat arsip, dan dari permasalahan eksternal yakni kurangnya pemahaman sistem informasi terkait mengoperasikan aplikasi Emis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tarisa Lailatul Ikromah
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:23
Last Modified: 11 Dec 2023 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30108

Actions (login required)

View Item View Item