Analisis kesulitan pengelolaan dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini: studi kasus di TK PGRI 03 Tlogosari Bondowoso

Azizah, Wike Nuril (2023) Analisis kesulitan pengelolaan dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini: studi kasus di TK PGRI 03 Tlogosari Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WIKE NURIL AZIZAH_T20193079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterlambatan penyaluran dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan yang disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dari dinas pendidikan tentang pengelolaan dana serta pengelola kurang menguasai teknologi. Sehingga mengakibatkan pengelola mengalami kesulitan dalam mengoperasikan microsoft, khususnya pada saat proses penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah sampai proses pembuatan laporan pertanggungjawaban.
Fokus dari penelitian ini adalah: Bagaimana kesulitan penerapan prinsip Fleksibilitas, Efektivitas, Efisiensi, Akuntabilitas dan Transparansi dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan di TK PGRI 03 Tlogosari Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan kesulitan penerapan dari prinsip Fleksibilitas, Efektivitas, Efisiensi, Akuntabilitas dan Transparansi dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan di TK PGRI 03 Tlogosari Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meggunakan tiga metode, yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pengelola dana BOP PAUD di TK PGRI 03 Tlogosari Bondowoso tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip fleksibilitas. Karena dalam menentukan kebutuhan sekolah melakukan rapat dengan guru dan apabila RKAS terdapat kesalahan pengelola dibantu oleh operator dari dinas pendidikan. 2) Pengelola dana BOP PAUD tidak mengalami kesulitan dalam mengalokasikan dana untuk sasaran tujuan penerima dana, namun pengelola mengalami kesulitan dalam mengalokasikan dana untuk perbaikan gedung sehingga mengurangi keefektivan pegelolaan dana BOP PAUD. 3) Pengelola dana BOP PAUD tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip efisiensi, pengadaan barang atau jasa telah menggunakan biaya minimal sesuai dengan ketentuan petunjuk teknis. 4) Pengelola dana BOP PAUD tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip Akuntabilitas, pengelola telah pembuatan laporan untuk mempertanggungjawabkan realisasi penggunaan dana BOP PAUD. 5) Pengelola dana BOP PAUD di TK PGRI 03 Tlogosari Bondowoso tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip Transparansi. Hal tersebut dapat dilihat dari strategi pengelola dalam mempublikasikan pengelolaan dana BOP PAUD kepada guru dan wali murid dengan cara mengadakan rapat atau sosialisasi.
Kata Kunci: Kesulitan Pengelolaan Dana, Bantuan Operasional Penyelenggaraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Wike Nuril Azizah
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:33
Last Modified: 11 Dec 2023 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

View Item View Item