Manajemen kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari Jember

Wahid, Abdul (2023) Manajemen kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
baru SKRIPSI WAHID WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran atau sebagai alat penggerak untuk mendidik dan memberi solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi, antara lain untuk mencapai keberhasilan lembaga pendidikan, sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas. Berdasarkan atas kenyataan bahwa manusian itu tidak sama sifat, karakter maupun kemampuan manusia dengan lainnya, ada manusia yang sanggup mengatasi persoalan tanpa adanya bantuan dari pihak lain tetapi tidak sedikit manusia yang tidak sanggup mengatasi persoalannya tanpa bantuan dari pihak lain, Demikian dengan peserta didik sebagai individu yang akan selalu terus berkembang.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari Jember. 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari Jember. 3) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif-deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Sedangkan pengujian analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti ialah triagulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan berdasarkan hasil temuan lapangan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari Jember berupa mendukung adanya ekstra kurikuler dan memberi motivasi kepada siswa. 2) Pelaksanaaan kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari Jember meliputi setaip seminggu sekali waka kesiswaan mengontrol berjalannya program pembelajaran entah dari intra kurikuler, ko kurikuler dan ekstra kurikuler. 3) Evaluasi kurikulum dalam membina kepribadian siswa di SMP Islam Miftahul Ulum Mumbulsari jember yaitu dilakukan setiap tahun sekali, mengambil dari apa yang masih belum berhasil dalam menjalankan program kurikulum dan memperbaiki kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Ms Abdul Wahid
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:42
Last Modified: 11 Dec 2023 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30116

Actions (login required)

View Item View Item