MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI KOPI MELALUI RUMAH PRODUKSI KOPI GUCIALIT DI DESA GUCIALIT KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG

Hidayat, Rival (2023) MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI KOPI MELALUI RUMAH PRODUKSI KOPI GUCIALIT DI DESA GUCIALIT KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq jember.

[img] Text
Achmad Rival Hidayat_D20192047.pdf

Download (4MB)

Abstract

Gucialit merupakan satu desa yang memiliki potensi buah kopi di Kabupaten Lumajang. Namun besarnya potensi tersebut tidak diimbangi dengan kualitas dari kopi tersebut, hal ini dikarenakan masih rendahnya pengetahuan para petani kopi terhadap proses budidaya dan pengolahan kopi yang baik dan benar. Adanya permasalahan tersebutlah yang melatar belakangi terbentuknya Rumah Produksi Kopi Gucialit, yang mana mereka berupaya mengatasi permasalahan pada petani kopi dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kopi Gucialit.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Rumah Produksi Kopi Gucialit? 2) Apa dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat petani kopi dalam Rumah Produksi Kopi Gucialit?
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Rumah Produksi Kopi Gucialit. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat petani kopi dalam Rumah Produksi Kopi Gucialit.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Metode analisis data menggunakan model analisis data induktif Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data meliputi dua metode triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) strategi yang digunakan oleh Rumah Produksi Kopi Gucialit yaitu dengan cara individual atau door to door dengan tahapan yakni; a. Motivasi b. Peningkatan Kesadaran dan Pelatihan Kemampuan c. Manajemen Diri d. Mobilisasi Sumber Daya e. Pembangun dan Pengembangan Jejaring. 2) Adapun dampak yang ditimbulkan oleh Rumah Produksi Kopi Gucialit yakni; a. Meningkatnya Kualitas SDM b. Meningkatnya Perekonomian c. Terkenalnya Kopi Gucialit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Depositing User: Achmad Rival
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:39
Last Modified: 12 Dec 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item View Item