Identifikasi Nilai Agama dan Moral dalam Menghafal Hadits Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok A2 di Taman Kanak-kanak Darus Sholah Jember

Aisa, Putri (2023) Identifikasi Nilai Agama dan Moral dalam Menghafal Hadits Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok A2 di Taman Kanak-kanak Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AISA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai agama dan moral, menghafal hadits, dan metode bernyanyi.
Menghafal hadits melalui metode bernyanyi merupakan salah satu cara dalam mengembangkan nilai agama dan moral. TK Darus Sholah Kaliwates Jember menggunakan metode bernyanyi dalam menghafal hadits karena metode tersebut tergolong metode yang memudahkan dan memahamkan materi kepada peserta didik yang disampaikan oleh pendidik. Tidak hanya itu, akan tetapi metode tersebut asyik dan menyenangkan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil identifikasi nilai agama dalam menghafal hadits melalui metode bernyanyi pada kelompok A2 di Taman Kanak-kanak Darus Sholah Jember? 2) Bagaimana hasil identifikasi nilai moral dalam menghafal hadits melalui metode bernyanyi pada kelompok A2 di Taman Kanak-kanak Darus Sholah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan hasil identifikasi nilai agama dalam menghafal hadits melalui metode bernyanyi pada kelompok A2 di Taman Kanak-kanak Darus Sholah Jember. 2) Mendeskripsikan hasil identifikasi nilai moral dalam menghafal hadits melalui metode bernyanyi pada kelompok A2 di Taman Kanak-kanak Darus Sholah Jember.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data melalui tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa identifikasi nilai agama dan moral dalam menghafal hadits melalui metode bernyanyi berupa deskripsi data terkait hasil identifikasi nilai agama dan moral dalam menghafal hadits melalui metode bernyanyi yang mana meliputi identifikasi materi-materi hadits yang diterapkan pada kelompok A2 yaitu hadits tentang kebersihan, hadits tentang larangan marah, hadits tentang larangan makan dan minum sambil berdiri, dan hadits tentang niat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms. Putri Aisa
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:03
Last Modified: 12 Dec 2023 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30131

Actions (login required)

View Item View Item