Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan pada Anak Kelompok A di Pos PAUD Aster 51 Mangli Kabupaten Jember

Afidah, Hidayatul (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan pada Anak Kelompok A di Pos PAUD Aster 51 Mangli Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HIDAYATUL AFIDAH Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan
Metode becerita menggunakan boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak merupakan salah satu kegiatan yang cocok untuk anak usia dini. Dengan mengggunakan metode bercerita melalui boneka tangan ini anak dapat meningkatkan kemampuan berbicaranya dan mampu menambah kosa kata dalam menyusun sebuah kalimat. Pos PAUD Aster 51 Mangli Jember sudah melaksanakan pembelajaran bercerita menggunakan buku cerita bergambar atau dengan boneka tangan sesuai dengan tema pembelajaran yang sudah disusun oleh pendidik sebelum pelaksanaan pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan bermain boneka tangan dengan menggunakan metode bercerita dalam upaya meningkatkan berbicara anak kelompok A di Pos PAUD Aster 51 Mangli Jember Tahun pelajaran 2022/2023? 2) Apakah bermain boneka tangan dengan menggunakan metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di Pos PAUD Aster 51 Mangli Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan boneka tangan dengan metode bercerita dalam upaya meningkatkan kemampuan bebicara anak kelompok A dii Pos PAUD Aster 51 Kecamatan Mangli Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A dengan menggunakan boneka tangan melalui metode bercerita di Pos PAUD Aster 51 Kecamatan Mangli Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. penentuan subyek mengunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan ksimpulan. pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) Penerapan media boneka tangan dengan menggunakan metode bercerita pada anak usia dini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, tentunya sebelum kegiatan pembelajaran dimulai pendidik menyiapkan segala sesuatu seperti mengondisikan kelas, menyiapkan alat pebelajaran serta medianya. pembelajaran tersebut bagus diterapkan karena boneka tangan digunakan sebagai media bermain dan belajar untuk anak yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara. 2) Peningkatan berbicara anak dapat dilihat dengan meningkatnya keterampilan berbicara anak saat menggunakan media boneka tangan yaitu pada saat anak menyampaikan masksud (ide, pikiran, gagasan, dan perasaan), dan membuat kalimat sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Hidayatul Afidah
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:02
Last Modified: 12 Dec 2023 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30132

Actions (login required)

View Item View Item