Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di madrasah Diniyah Ainul Yaqin Ajung Jember

Prabowo, Andi (2023) Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di madrasah Diniyah Ainul Yaqin Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andi_Prabowo_T20183114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Andi Prabowo, 2023: Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Diniyah Ainul yaqin Ajung, Jember.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Salah satu kekuatan efektif dalam manajemen sekolah yang berperan bertanggung jawab menghadapi perubahan adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah, yaitu perilaku kepala sekolah yang mampu menginisiasi pemikiran baru dalam proses interaksi di lingkungan sekolah dengan melakukan perubahan atau penyesuaian tujuan, sasaran, prosedur, masukan, proses atau keluaran suatu sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan.

Berdasarkan uraian diatas, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru diniyah Ainul Yaqin Ajung, Jember? 2) Bagaimana Implementasi gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di madrasah Diniyah Ainul Yaqin Ajung, Jember? Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di madrasah Diniyah Ainul Yaqin Ajung, Jember dan untuk mendeskripsikan Implementasi gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di madrasah Diniyah Ainul Yaqin Ajung, Jember.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi.

Analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan model interaktif deskriptif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah analisis sebagai berikut: (1). Pengumpulan data (2). Kondensasi data, (3). Penyajian data, (4). Pengambilan kesimmpulan. Kemudian keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Adapun beberapa kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) Implementasi perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Diniyah Ainul Yaqin. Kepala Sekolah menerapkan orientasi perilaku kepemimpinan (a) Task Oriented Behavior (b) Relationship Behavior (c) Maturity Behavior 2) Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Diniyah Ainul Yaqin. Kepala madrasah diniyah Ainul Yaqin menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi yang mana hal tersebut sesuai dengan lingkungan yang ada di madrasah Ainul Yaqin sebagai mana berikut: (a) segala keputusan yang ditetapkan harus melibatkan komponen-komponen lainnnya. (b) Melakukan pemecahan masalah dan pemutusan kebijakan harus sesuai pertimbangan dari peraturan visi, misi, dan tujuan sekolah. (c) Selalu menerima pendapat, usulan dan gagasan dari siapa saja. Dalam rapat siapa saja boleh dan dihormati untuk menyampaikan pendapat. (d) Kepala Madasah mengadakan kegiatan-kegiatan penunjang peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: student Andi Prabowo
Date Deposited: 13 Dec 2024 06:13
Last Modified: 13 Dec 2024 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30138

Actions (login required)

View Item View Item