Implementasi Strategi Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri Sukorambi Tahun Ajaran 2022/2023

Amin, Ubaidillah (2023) Implementasi Strategi Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri Sukorambi Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
(Skripsi Ubaidillah Amin_T20181071).pdf

Download (4MB)

Abstract

Ubaidillah Amin, 2023: Implementasi Strategi Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN Sukorambi Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Strategi Index Card Match, Hasil Belajar.
Konteks penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kreativitas dalam menggunakan strategi pembelajaran. Realita yang terjadi guru hanya menggunkan metode ceramah dan diskusi. Hal tersebut membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh sehingga menyebabkan turunnya hasil belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru menggunakan strategi index card match dengan tujuan peserta didik kembali semangat belajar dan dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan strategi index card match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Sukorambi tahun ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelakasanaan pembelajaran dengan strategi index card match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Sukorambi tahun ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan strategi index card match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Sukorambi tahun ajaran 2022/2023?
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri Sukorambi Jember. Teknik penentuan informan dengan mengunakan teknik Purposive Sampling. Pada teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran dengan strategi index card match di SMP Negeri Sukorambi, guru mempersiapkan silabus, RPP, dan media pembelajaran seperti kartu. RPP yang dibuat oleh guru mencantumkan metode pembelajaran dengan mengunakan strategi index card match. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi index card match, buatlah potongan-potongan kertas sejumlah peserta didik yang ada dalam kelas, bagi jumlah kertas menjadi dua bagian yang sama, tulis pertanyaan materi yang telah diberikan, setiap kertas berisi satu pertanyaan, pada separo kertas buatlah jawaban dari pertanyaan yang tadi dibuat, kocoklah semua kartu sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban, beri setiap peserta didik satu kertas, mintalah peserta didik untuk mencari pasangan mereka, setelah semua menemukan pasangan kartu mintalah peserta didik untuk mempersentasikannya. 3) Evaluasi pembelajaran dengan strategi index card match, dalam evaluasi ini hanya berfokuskan pada aspek kognitif dan afektif(sikap).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ubaidillah Amin
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:03
Last Modified: 12 Dec 2023 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30140

Actions (login required)

View Item View Item