Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur'an Dalam Membentuk Karakter Siswa MTsN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023

Indriyanti, Yulia (2023) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur'an Dalam Membentuk Karakter Siswa MTsN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YULIA INDRIYANTI_T20191217.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yulia Indriyanti, 2023: Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa MTsN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an, Membentuk Karakter Siswa, MTsN 2 Situbondo.

Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an merupakan salah satu upaya untuk mengajarkan siswa berperilaku baik sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan juga sesuai dengan visi sekolah yaitu terwujudnya siswa yang berakhlak mulia. Sekolah dan guru MTsN 2 Situbondo berupaya untuk membentuk karakter siswa melalui pelaksanaan ekstrakuirkuler Tahfidzul Qur’an, upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan cara pembiasaan. Dengan adanya ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an ini pelan-pelan karakter siswa berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya karena kebanyakan dari mereka berasal dari keluarga yang kurang perhatian dari keluarga khususnya orang tua dengan kurangnya perhatian tersebut siswa merasa dirinya kurang kasih sehingga berpengaruh terhadap karakter siswa itu sendiri.
Fokus penelitian yang diteliti yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakuirkuler Tahfidzul Qur’an dalam membentuk karakter siswa MTsN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Apa saja faktor pendukung pelaksanaan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa MTsN 2 Situbondo Tahun pelajaran 2022/2023? 3) Apa saja faktor penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa MTsN 2 Situbondo Tahun pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatakn kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan teori Milles dan Hubermen yang terdiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memiliki kesimpulan: 1) Pelaksanaan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an dalam membentuk karakter religius siswa sudah terlaksana dengan baik, Dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an karakter yang terbentuk yaitu disiplin waktu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an selalu datang dan tepat waktu saat setoran hafalan, dan bertanggungjawab dalam menghafal Al-Qur’an. 2) Faktor pendukung pelaksanaan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an yaitu, faktor pendukung: usia yang ideal, pengelolaan waktu, tempat menghafal, persiapan yang matang, motivasi dan stimulus, dan dukungan orang tua. 3) Faktor penghambat yaitu tidak menguasai makhorijul huruf dan tajwid, tidak sabar, tidak sungguh-sungguh, kurang berdo’a.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Yulia Indriyanti
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:57
Last Modified: 12 Dec 2023 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30142

Actions (login required)

View Item View Item