Strategi Pemasaran Terhadap Persaingan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Toko Dani Snack Dipasar Tradisional Gambirono, Bangsalsari Jember

Mustika, Vicka (2023) Strategi Pemasaran Terhadap Persaingan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Toko Dani Snack Dipasar Tradisional Gambirono, Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
2. Skripsi Vicka Mustika selesai watermak new.pdf

Download (1MB)

Abstract

Vicka Mustika, Prof, Dr. Khamdan Rifa’i, SE, M.Si 2023: Strategi Pemasaran Terhadap Persaingan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Toko Dani Snack Dipasar Tradisional Gambirono Bangsalsari Jember
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Persaingan, Perspektif Ekonomi Islam
Keberadaan strategi sangat penting untuk memasarkan produk segmentasi pasar, sasaran, dan posisi pasar yang dilakukan tidak akan berjalan jika tidak diikuti dengan strategi yang tepat. Sehingga dengan strategi pemasaran yang tepat maka bisa mempertahankan kelangsungan perusahaan dan memperoleh laba yang besar dari para pesaing yang menciptakan produk yang sama.Ancaman dari persaingan baru dengan strategi yang baru juga perlu diantisipasi dengan menganaisa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dilihat dari keuangan, sumber daya manusia, jaringan dan sebagainya.
Fokus penelitian pada penelitian dalam skripsi ini : 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Toko Dani Snack dalam mengahdapi persaingan usaha snack dipasar Gambirono? 2) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan di Toko Dani Snack dalam perspektif ekonomi Islam?
Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini: 1) Untuk mengetahui strategi yang dipakai oleh Toko Dani Snack unuk menarik konsumen 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Toko Dani Snack dalam perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive dalam menentukan subjek peneltian. Serta pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data deskriptif dengan pengujian keabsahan data menggunakan triagulasi sumber.
Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah penerapan bauran pemasaran (marketing mix) adalah salah satu konsep dasar yang terkontrol dimana perusahaan menggabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran. Dalam penerapan bauran pemasaran Toko Dani Snack menyusun bauran pemasaran dengan 4 bauran. Diantarannya produk, harga, tempat (distribusi) dan promosi.Toko Dani Snack memberikan kesan baik kepada para konsumennya dengan mengedepankan sikap tolong menolong dan lebih menanamkan kejujuran dalam melakukan bisnis, karena bisnis bukanlah sebagai ladang keuntungan saja melainkan sarana yang dapat digunakan untuk memperat tali silahturahmi antar semua umat beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Vicka Mustika
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:34
Last Modified: 12 Dec 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30143

Actions (login required)

View Item View Item