Analisis Pengelolaan Dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Kedungwungu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi

Salsabela, Yasinta (2023) Analisis Pengelolaan Dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Kedungwungu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YASINTA SALSABELA_E20193086-SKRIPSI WM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Pengelolaan Dana, Mekanisme, Dana Kapitasi
Dalam era yang terus berkembang, pemerintah Indonesia melindungi rakyatnya melalui Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan. Puskesmas memiliki peran penting dalam penyediaan layanan kesehatan di tingkat primer dan pengelolaan dana BPJS. Laporan keuangan Puskesmas menjadi kunci untuk memantau penggunaan dana BPJS dengan efektif dan efisien serta mengidentifikasi tantangan, termasuk masalah transparansi dan pemahaman tata kelola keuangan yang baik. Manajemen keuangan menjadi fokus utama dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan, menyediakan informasi kunci untuk mengendalikan aktivitas kesehatan masyarakat.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Analisis Pengelolaan Dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Puskesmas Kedungwungu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui Pengelolaan Dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Puskesmas Kedungwungu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pada menentukan informan peneliti memakai teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Pengelolaan dana kapitasi BPJS di Puskesmas Kedungwungu Kabupaten Banyuwangi melibatkan beberapa mekanisme yang meliputi perencanaan sumber dana, pengawasan, serta pengendalian. Proses perencanaan atau alokasi dana kapitasi BPJS di Puskesmas Kedungwungu Kabupaten Banyuwangi masih di sesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan di bidang Pengelolaan Daerah. Dalam konteks transparansi saat ini, Puskesmas Kedungwungu belum menerapkan PPK-BLUD. Hal ini karena penerapan PPK-BLUD dapat memberikan banyak keunggulan yang dapat digunakan dalam pengelolaan keuangan mereka. Salah satu keunggulannya adalah fleksibilitas dalam mengelola keuangan, di mana Puskesmas Kedungwungu Kabupaten Banyuwangi dapat mengelola dana mereka sendiri tanpa bergantung pada dukungan operasional dari Pemerintah Daerah (PEMDA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: yasinta salsabela
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:01
Last Modified: 12 Dec 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30146

Actions (login required)

View Item View Item