Analisis Strategi Pemasaran 9P Pembiayaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember

Antika, S.E (2023) Analisis Strategi Pemasaran 9P Pembiayaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Antika_E20191083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Antika, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I, 2023: Analisis Strategi Pemasaran
9P Pada Pembiayaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Jember
Kata Kunci: strategi pemasaran 9P, pembiayaan, keunggulan kompetitif`
Standar yang diperlukan untuk memenuhi pembiayaan yang berkualitas
harus diketahui oleh pihak bank dan nasabah. Dalam hal ini agar ada persepsi
umum tentang suatu pembiayaan untuk memfasilitasi jalannya pembiayaan pada
masa depan. Solusi untuk mempermudah hal ini adalah dengan memasarkan
produk tersebut kepada masyarakat dengan berbagai macam strategi pemasaran
yang berkualitas.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi yaitu: 1) Bagaimana keunggulan
kompetitif di BPRS Bhakti Sumekar Jember ? 2) Bagaimana strategi pemasaran
9P untuk meningkatkan keunggulan kompetitif pada BPRS Bhakti Sumekar
Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan memahami keunggulan
kompetitif di BPRS Bhakti Sumekar Jember. 2) Mengetahui dan memahami
strategi pemasaran 9P untuk meningkatkan keunggulan kompetitif pada BPRS
Bhakti Sumekar Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan purposive yaitu
pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait
permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Keunggulan kompetitif yang digunakan BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Jember yaitu strategi biaya rendah, diferensiasi dan
fokus. Dengan adanya strategi biaya rendah, diferensiasi dan fokus yang
digunakan BPRS Bhakti Sumekar Jember banyak menarik minat nasabah. Hal ini
dapat dilihat dari laporan tahunan BPRS bhakti Sumekar Cabang Jember. 2)
Strategi pemasaran 9P yang ada di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember untuk
meningkatkan keunggulan kompetitif memberi dampak postif karena BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Jember memilki strategi diferensiasi terkait brand image
dan keunggulan di produk pembiayaan tersendiri. Oleh karena itu jumlah
pembiayaan tahun ke tahun semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Antika S.E
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:08
Last Modified: 12 Dec 2023 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item