PERAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GRENDEN KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Diniya, Fita Adi (2023) PERAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GRENDEN KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fita Adi Diniya_D20182028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fita Adi Diniya 2023: PERAN BUMDES DALAM MENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GRENDEN KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER.
Pembangunan adalah proses untuk perubahan masyarakat yang mengarah ke keadaan yang semakin lebih baik. Pembangunan ini dilakukan untuk masyarakat khususnya masyarakat perdesaan, BUMDes Gunung Mulia Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember membantu masyarakat desa untuk bisa mewujudkan perubahan tersebut. BUMDes Gunung Mulia memiliki program pemberdayaan untuk masyarakat yang tujuannya untuk bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa sehingga masyarakatnya bisa mencapai kesejahteraan dalam hidupnya.
Fokus dari penelitian skripsi adalah (1) bagaimana peran BUMDes Gunung Mulia dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember, (2) apa hambatan dalam BUMDes Gunung Mulia Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Dalam penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, pengorganisasian, dan interpretasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) peran BUMDes yakni telah melakukan pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Memperkokoh, mewujudkan mengembangkan serta membantu meningkatkan penghasilan dan perekonomian masyarakat dengan program UMKM. (2) hambatan dari BUMDes terletak pada faktor anggaran dengan permasalahan kurangnya dana untuk melanjutkan pembangunan tempat wisata yang telah dibangun sebelumnya dan belum selesai sempurna. Dan adanya pedagang nakal yang menghindar saat ditagih iuran penyewaan..

Kata kunci: BUMDes, pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Depositing User: Fita Adi Diniya
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:02
Last Modified: 12 Dec 2023 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30167

Actions (login required)

View Item View Item