Manajemen Pusat Sumber Belajar Lingkungan Alam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS) Tahun Pelajaran 2017/2018.

himmaty, ikvina (2017) Manajemen Pusat Sumber Belajar Lingkungan Alam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS) Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Ikvina Himmaty_084133035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemen pusat sumber belajar merupakan kegiatan mengelola dan mengatur semua sumber yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara terpusat. Sumber belajar yang digunakan yaitu berupa lingkungan alam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen pusat sumber belajar lingkungan alam dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS) tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana manajemen pusat sumber belajar lingkungan alam dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS) tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pusat sumber belajar lingkungan alam dalam meningkatkan prestasi akademik dan prestasi non akademik siswa di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS). Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Kemudian lokasi penelitian ini bertempat di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu observasi terus terang atau tersamar, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Manajemen pusat sumber belajar lingkungan alam yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang akademik yaitu dengan cara berikut: a) Perencanaannya yaitu dengan memilih lokasi di puncak perumahan sehingga udaranya sejuk dan jauh dari keramaian, juga lokasinya berdekatan dengan kanal pengairan dan sawah, dalam lingkungan sekolah di buat sawung-sawung, ditanam pohon-pohon, dan dibuat perkebunan kecil, sehingga bisa digunakan sebagai sumber belajar dan penelitian utamanya mata pelajaran fisika dan biologi b) pengorganisasiannya yaitu dengan dibentuknya OPMA dengan berbagai divisi yang berkaitan dengan pembelajaran yaitu divisi pengajaran dan divisi bahasa c) untuk pengimplementasiannya SMP Alam BIS menerapkan adanya sistem moving class yaitu sistem berpindah-pindah tempat belajar sesuai keinginan siswa dan materi pelajaran, tutor sebaya, penggunaan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari dan home travel. d) pengawasan dilakukan oleh guru dengan melaksanakan ujian mingguan, ujian bulanan dan ujian semester. 2)Manajemen pusat sumber belajar lingkungan alam yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang non akademik yaitu dengan cara berikut: a) perencanaannya yaitu dengan membangun sebuah asrama yang berada satu lokasi dengan sekolah sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien dan menerapkan sistem wajib asrama sebagai misi syiar Islam. b) pengorganisasiannya yaitu dengan membentuk OPMA dengan salah satu divisi remas yang berperan mengatur segala kegiatan keagamaan. c) pengimplementasiannya yaitu dengan memutarkan audio Islami setiap waktu istirahat sehingga tercipta suasana yang tenang dan menyenangkan juga mengadakan pelatihan training, outbond, muhadhoroh setiap 2 minggu sekali, mengadakan kegiatan Alam Got Talent dan mengatur berbagai macam piket dan d) pengawasan dan evaluasi dilakukan dengan melakukan ujian tulis, ujian lisan dan ujian mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:42
Last Modified: 12 Dec 2023 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30171

Actions (login required)

View Item View Item