Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

dwi lestari, desi (2017) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Desi Dwi Lestari_084133001.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidik sebagai pengajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan, tenaga pendidik merupakan salah satu sumber daya manusia yang penting dan sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono Desa Sukowono Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember kinerja tenaga pendidik masih belum dapat dipenuhi masih ada beberapa orang pendidik yang kurang disiplin, masih ada pendidik yang non PNS, kurang professional dalam hal mengajar dan masih ada yang lulusan SMA. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2).Bagaimana kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagai supervisior dalam meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2).Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagai supervisior dalam meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Milles and Huberman. Langkah-langkah yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono dilakukan dengan beberapa cara salahsatunya mendorong para pendidik untuk segera menyelesaikan S1, S1 lanjut ke S2,S2 lanjut ke S3, melakukan kegiatan rapat koordinasi, workshop dan diklat keluar kota. 2) kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukowono dengan melakukan pengawasan terhadap pendidik dalam proses pembelajara. Kepala madrasah langsung melakukan pengawasan dikelas setiap bulan dan melakukan evaluasi setiap bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:42
Last Modified: 12 Dec 2023 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30173

Actions (login required)

View Item View Item