SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) JEMBER

Maulana malik, Fery (2023) SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PENGELOLAAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FERY MAULANA MALIK.pdf

Download (29MB)

Abstract

Fery Maulana Malik, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2023: Sistem Pengendalian Internal pada Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember

Kata Kunci: Sistem pengendalian Internal, Pengelolaan Zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember

Lembaga/Badan Amil Zakat di indonesia tiap tahunnya terus menerus mengalami peningkatan, namun seiring meningkatnya lembaga amil zakat di Indonesia hal ini tidak lepas dari kendala maupun permasalahan di lembaga amil zakat tersebut sendiri. Seiring dengan berkembangnya lembaga amil zakat hal ini menuntut pengelola zakat untuk bekerja secara lebih pofesional. Lembaga amil zakat yang profesional akan memberikannkepercayaan kepada masyarakat, upaya menjaga kepercayaan masyarakat perlu adanya praktik manajemen yang baik, yaitu dibangun melalui adanya penerapan sistem pengendalian internal.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember? 2) Bagaimana sistem pengendalian internal pada pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. 2) Untuk mendeskripsikan sistem pengendalian internal pada pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Jl. Nusantara No18, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Jember Regency, Jawa Timur, kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember melakukan beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. 2) Sistem penegndalian internal pada pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember melakukan beberapa aktivitas yaitu meliputi lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengedalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Bapak Fery Maulana malik
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:14
Last Modified: 12 Dec 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30178

Actions (login required)

View Item View Item