PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Kuswandono, Agung (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi B5.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Agung Kuswandono, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Yosowilangun Kabupaten Lumajang

Kata Kunci: Think Talk Write, hasil belajar.

Kurangnya kreatifitas model pembelajaran sangat mempengaruhi proses pembelajaran khususnya hasil belajar siswa. Lembaga pendidikan formal SMP Negeri 01 Yosowilangun kabupaten Lumajang termasuk sekolahan sederajat menengah pertama yang bergengsi dan favorit, yang sudah optimal memberikan pengajaran dalam mengajar terhadap peserta didiknya dengan di tunjukannya banyak murid-murid yang berprestasi. Namun, dilihat dari pembelajaran yang di ajarakan oleh pendidik pada setiap pembelajaran cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton di era yang sudah mulai berkembang dan kurikulum pembaruan dari kurikulum 2013 sampai kepada kurikulum sekarang yaitu kurikulum Merdeka, sehingga model pembelajaran yang monoton sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada peserta didik SMP Negeri 01 Yosowilangun Kabupaten Lumajang? Tujuan penelitian ini untuk bisa menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di SMP Negeri 01 Yosowilangun kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Semu). Metode Quasi Experiment (Eksperimen semu) yaitu desain eksperimen yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi. Penelitian ini didesain menggunakan Non equivalen control design. Pada desain ini, terdapat dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Desain penelitian ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara acak melainkan dipilih dengan bertujuan. Masing- masing kelompok di beri pre test dan post test dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 01 Yosowilangun Kabupaten Lumajang khususnya pada pembelajaran IPS kelas VIII materi Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh hasil dengan nilai signifikan 0,012 > 0,05 dan kelas eksperimen memperoleh hasil dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka, dapat dikatakan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang artinya model pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda pada setiap sampel penelitian memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Yosowilangun Kabupaten Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Agung Agung Kuswandono
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:12
Last Modified: 12 Dec 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30182

Actions (login required)

View Item View Item