Strategi Kepala Sekolah Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di SMK Akbar Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Aini, Shofiana Nur (2017) Strategi Kepala Sekolah Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di SMK Akbar Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Shofiana Nur Aini_084133052.pdf

Download (15MB)

Abstract

Berbagai fenomena perilaku kenakalan siswa dewasa ini, menunjukkan bahwa tujuan pendidikan belum sepenuhnya mampu menjawab atau memecahkan berbagai persoalan. Kenakalan siswa di sekolah harus segera mungkin ditanggulangi secara efektif dan efisien. Langkah strategis pengambilan keputusan sebagai suatu kebijakan kepala sekolah dalam menggerakkan pelaksanaan pendidikan sangat dibutuhkan untuk menanggulangi masalah tersebut, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai yang telah direncanakan. Dari uraian di atas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan amoral dan sosial siswa di SMK Akbar Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan kriminal siswa di SMK Akbar Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan amoral dan sosial siswa di SMK Akbar Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari- Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan kriminal siswa melalui layanan bimbingan di SMK Akbar Desa Gunungsari- Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Untuk keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi sumber dan teknik/metode. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan skripsi ini berdasarkan hasil temuan lapangan bahwa : (1)Strategi kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan amoral dan sosial siswa melakukan pencegahan dengan kebijakan memaksimalkan materi bimbingan konseling pada semua kelas. Serta melakukan penyembuhan dengan kebijakan menambah bobot poin pelanggaran siswa dan kepala sekolah memberi kebijakan untuk menindak lanjuti siswa yang bermasalah secara langsung pada setiap hari senin setelah upacara bendera. (2)Strategi kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan kriminal siswa menggunakan pencegahan dengan kebijakan melakukan kerjasama dengan pihak berwajib melalui sosialisasi dan penyuluhan. Serta menggunakan strategi penyemembuhan dengan kebijakan penganggilan orang tua, selanjutnya kepada ketua yayasan dan tindakan akhir dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:04
Last Modified: 12 Dec 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30183

Actions (login required)

View Item View Item