Rozana, Ulin Naila (2017) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
ULIN NAILA ROZANA_ 084 134 047.pdf Download (28MB) |
Abstract
Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik, terbukti dari hasil perolehan Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang dilaporkan Depdiknas masih sangat jauh dari standar yang diharapkan. Proses pembelajaran IPA di SD/MI masih dilaksanakan secara konvensional dan berpusat pada guru (teacher centered), para guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara aktif dan kreatif dalam melibatkan siswa. Hal ini mengakibatkan siswa hanya menerima materi pelajaran secara pasif dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran IPA, sehingga berpengaruh pada pemahaman dan hasil belajar siswa. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata, dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sehingga pembelajaran berjalan dengan produktif dan bermakna bagi siswa adalah pendekatan CTL Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus Penelitian dalam penelitian ini, adalah: 1) Bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa aspek afektif pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa aspek psikomotor pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) Mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa aspek afektif pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; 3) Mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa aspek psikomotor pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember menerapkan beberapa komponen/metode CTL dalam pembelajaran, yaitu metode inquiri (inquiry), metode bertanya (questioning), dan metode masyarakat belajar (learning community). Metode learning community dalam pengaturan kelas sangat membantu memahamkan siswa dalam proses pembelajaran melalui sharing antarteman dalam kelompok, dan dengan penerapan metode inquiry pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diterapkan melalui percobaan atau eksperimen sehingga siswa dapat menerapkan pengetahuannya, dan didukung dengan adanya aktivitas questioning dalam pembelajaran dapat memperkuat ingatan siswa tentang pengetahuan yang sudah dipelajari, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, baik dari segi pengetahuan, pemahaman, dan penerapannya; 2) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember menerapkan metode masyarakat belajar (learning community) yang diwujudkan sekaligus ketika proses penerapan metode inquiri (inquiry), dan metode bertanya (questioning). Penerapan masyarakat belajar (learning community) menjadikan suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan dan tidak membosankan, siswa antusias saat melakukan percobaan atau ekperimen IPA (inquiry), dan terlibat aktif dalam pembelajaran dilihat dari banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru (questioning), sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah afektif, baik dari segi menerima, merespon, dan pengorganisasian; 3) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di MIMA 01 KH. Shiddiq Kaliwates Jember menerapkan metode inquiri (inquiry), bertanya (questioning), dan masyarakat belajar (learning community) dalam pembelajaran. Learning community dibentuk untuk berlangsungnya proses diskusi yang diarahkan agar terjadi proses saling bekerja sama dalam memecahkan suatu masalah ketika proses percobaan atau eksperimen. Metode questioning diterapkan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa terhahadap materi pelajaran IPA dan mendukung dalam melakukan percobaan atau eksperimen. Dan didukung dengan adanya metode inquiry, siswa memiliki kesiapan dan kemahiran dalam melakukan percobaan atau eksperimen IPA, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah psikomotorik, baik dari segi kesiapan maupun mekanisme.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 07:04 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30184 |
Actions (login required)
View Item |