Manajemen Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Baniy Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/ 2017

salamah, mashlahatus (2017) Manajemen Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Baniy Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MASHLAHATUS SALAMAH_084 123 035.pdf

Download (24MB)

Abstract

Manajemen bimbingan konseling dalam dunia pendidikan merupakan upaya mengelola dan mengarahkan penyelenggaraan bimbingan konseling oleh konselor sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien, dengan mendayagunakan semua sumber daya yang ada di sekolah melalui koordinasi kepala sekolah, kerjasama konselor serta semua komponen sekolah. Adapun fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana pengorganisasian manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017?, 4) Bagaimana evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017. 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian field research, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan ferification. Keabsahan data dengan triangularsi sumber dan metode. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017 yaitu perencanaan manajemen yang mengacu pada kebutuhan siswa dan sekolah. 2) Pengorganisasian manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017 yaitu sistem pengorganisasian secara umum dan melibatkan semua tenaga pendidik dalam melaksanakan kegiatan bimbingan konselingnya. 3) Pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017 yaitu dengan memberikan layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling perorangan, dan layanan bimbingan dan konseling kelompok. 4) Evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMK Baniy Kholiel tahun pelajaran 2016/2017 yaitu dengan menilai kegiatan pelayanan yang mencakup tujuan program BK yang dirumuskan dalam program bulanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:04
Last Modified: 12 Dec 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30185

Actions (login required)

View Item View Item